Share

Menkes Berharap Fasilitas Covid-19 Bisa Digunakan untuk Turunkan Prevalensi Tuberkulosis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 14:01 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi Gunadi (Foto:Youtube)

Kementerian Kesehatan menjelaskan, pemerintah sudah banyak melakukan investasi untuk melengkapi infrastruktur di seluruh fasilitas kesehatan dalam upaya menangani pandemi Covid-19. Semua fasilitas Covid-19 yang tersedia ini rupanya memiliki banyak kemiripan dengan fasilitas  pemeriksaan tuberkulosis (TB).

Dalam perayaan Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada 24 Maret tiap tahunnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap fasilitas yang dimiliki pemerintah saat ini untuk Covid-19 juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah TB.

 tuberkulosis

“Caranya baik itu dengan disiplin melakukan testing, tracing, memanfaatkan alat yang ada untuk testing, memanfaatkan infrastruktur yang ada untuk tracing, dan melakukan isolasi terhadap orang yang terkena,” terang Menkes Budi, Dalam acara Puncak Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia’, Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa setiap hal yang terkait dengan respiratory disease (penyakit yang menyerang saluran pernapasan manusia) memiliki banyak infrastruktur tempat tinggal rakyat yang harus diperbaiki. Dan situasi Covid-19 saat ini sama dengan apa yang diperlukan dalam hal menangani TBC.

“Pandemi Covid-19 membutuhkan sekolah-sekolah yang jauh lebih terbuka. Membutuhkan rumah yang bersirkulasi baik dan jendela baik. Kita bisa melakukan alokasi anggaran yang terkait Covid-19 ini juga untuk membereskan infrastruktur agar prevalensi TBC bisa kita turunkan. Harusnya bisa kita lakukan sekarang,” tuntasnya.

(DRM)