Share

6 Cara Ampuh Bersihkan Smartphone agar Aman dari Covid-19

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 08:07 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi smartphone. (Foto: NorWood Themes/Unsplash)

SMARTPHONE ternyata bisa menjadi media perantara persebaran covid-19. Maka itu, benda paling sering dipegang ini harus selalu dibersihkan agar steril.

Virus penyakit, termasuk covid-19, bisa menempel di smartphone akibat terlalu sering disentuh. Pembersihan penting dilakukan untuk menghilangkan mikroba dan bakteri mematikan yang menutupi ponsel.

Baca juga: Waspada, Suka Merasa Lelah Bisa Jadi Gejala Covid-19 

Selain itu, setiap kali menyentuh smartphone bisa saja terjadi perpindahan virus ke dan dari tangan, wajah, atau setiap permukaan yang disentuh.

Menjaga kebersihan smartphone harus diperhatikan, apalagi kini virus corona atau covid-19 diinformasikan mampu bertahan di udara selama beberapa waktu. Semua orang wajib membersihkan ponselnya setiap kali dari luar rumah.

Smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

Lantas, bagaimana membersihkan smartphone dengan benar, terutama tanpa merusak layarnya? Berikut caranya, seperti dilaporkan laman The Spruce.

Baca juga: Jangan Panik, Long Covid-19 Tidak Menular, Ini 17 Gejalanya! 

1. Cabut perangkat ponsel lain yang masih menempel

Langkah awal jika Anda hendak membersihkan ponsel yaitu lepaskan pengisi daya atau earphone yang masih menempel. Lalu nonaktifkan ponsel. Jika perangkat-perangkat tersebut ingin dibersihkan, harus secara terpisah.

2. Lepaskan casing

Untuk membersihkan ponsel secara efektif, lepaskan casing atau penutup pelindung. Ini juga harus dibersihkan secara terpisah sebelum memasukkan ponsel lagi.

3. Campur air dan 70 persen isopropil alcohol

Dalam botol semprot kecil, campurkan air dengan perbandingan 1 banding 1 dan isopropil alkohol 70 persen. Kocok botol dengan baik, lalu semprotkan ke ponsel dan diseka menggunakan kain bersih.

4. Semprot air ke kain microfiber

Semprotkan sedikit air yang sudah dicampurkan isopropil ke kain microfiber bebas serabut. Jangan pernah menyemprot telepon secara langsung dan jangan terlalu membasahi kain. Gunakan kain microfiber untuk menyeka seluruh ponsel. Pastikan untuk membersihkan bagian depan dan belakang.

Baca juga: Panduan Aman Terima Paket di Masa Pandemi Covid-19 

5. Bersihkan area kecil

Jika area kecil seperti ruang di sekitar lensa kamera, port lampiran, atau tombol menunjukkan tanda-tanda penumpukan kotoran, gunakan kapas atau tusuk gigi kayu untuk membersihkan area tersebut. Setelah sisa-sisa kotoran hilang, seka kembali area tersebut dengan kain microfiber yang sedikit basah.

6. Biarkan ponsel kering

Biarkan ponsel kering sepenuhnya selama minimal 15 menit sebelum memasukkannya kembali ke casing-nya. Lakukan setiap minggu agar ponsel relatif bebas bakteri penyakit.

1
2