Share

Kesehatan Anak Terlindungi jika Orang Dewasa Dapat Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 20:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi kesehatan anak. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH telah memulai vaksinasi covid-19 secara massal sejak 13 Januari 2021. Vaksinasi diberikan kepada kelompok prioritas seperti tenaga kesehatan (nakes), pekerja layanan publik, dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Meski demikian, kelompok anak-anak hingga saat ini masih belum tahu kapan bakal mendapat vaksin covid-19. Sebab, pemerintah belum merencanakan penyuntikan vaksin covid-19 bagi anak-anak. Lantas, bagaimana nasib mereka?

Baca juga: Jepang Mulai Produksi Sendiri Vaksin AstraZeneca 

Health Team Leader Wahana Visi Indonesia, dr Maria Adrijanti, mengatakan dengan vaksinasi maka pemulihan berbagai kondisi, termasuk kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, akan berdampak besar pada kehidupan anak.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

"Bagi anak-anak, vaksinasi yang baru dilakukan untuk orang dewasa ini tidak hanya melindungi kesehatan mereka, tetapi juga memberikan harapan untuk memulihkan situasi sulit yang dihadapi anak-anak selama pandemi," terang dr Maria dalam media briefing 'Suara Anak tentang Vaksin', Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Pfizer Tingkatkan Produksi Vaksin Covid-19, Negara Berkembang Dapat Diskon 50% 

Oleh karena itu, penting menyosialisasikan pentingnya vaksinasi covid-19 kepada seluruh masyarakat untuk melengkapi protokol kesehatan dan tracing, testing, treatment (3T). Terlebih saat ini juga banyak bermunculan berita hoaks mengenai vaksinasi covid-19.

"WVI didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia melakukan kegiatan Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat (KRPM) dengan sasaran remaja dan orangtua balita serta tenaga kesehatan dan kader atau relawan," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1