Share

Cegah Stunting, Berapa Panjang Bayi Ideal saat Lahir?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 12:44 WIB
$detail['images_title']
Bayi (Foto: Mommy Wall)

Stunting masih menjadi masalah serius di Indonesia. Menurut BKKBN, ada bayi yang lahir dengan ukuran di bawah standar sebanyak 22.6 persen yang kemudian meningkat menjadi 37 persen setelah 3 bulan lahir.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, panjang bayi ideal ketika lahir minimal 48 cm. Sedangkan bayi terpanjang berada di kisaran 52 cm.

 bayi

"Panjang badan ideal bayi ketika lahir adalah 48 hingga 52 cm. Bayi yang lahir kurang dari 48 cm bisa berpotensi stunting," kata Hasto melalui akun Youtube BKKBN pada Selasa (9/3/2021).

Penyebab stunting pun bermacam-macam. Akan tetapi, faktor terbesar adalah kurangnya pengetahuan antar suami dan istri serta kehamilan yang tidak terencana.

Sejak di dalam kandungan, bayi sudah membutuhkan berbagai nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk mencapai ini, ibu harus berada dalam keadaan sehat dan bergizi baik.

Jika ibu tidak memiliki pengetahuan akan asupan nutrisi yang baik untuknya dan janin, hal ini akan sulit didapatkan.

Begitu pula setelah lahir, 1000 hari pertama kehidupan (0-2 tahun) adalah waktu yang sangat krusial untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada masa ini, bayi membutuhkan ASI eksklusif selama 6 bulan dan tambahan makanan pendamping ASI (MPASI) yang berkualitas setelahnya. Oleh karena itu, ibu harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai gizi anak.

Faktor lainnya yang juga dapat memicu stunting adalah jika anak terlahir dengan kondisi sindrom alkohol janin (fetus alcohol syndrome).

Kondisi tersebut disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan saat hamil yang kemungkinan diawali ketidaktahuan ibu akan larangan terhadap hal ini.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)