Share

Google Doodle Peringati 125 Tahun Dokter Marie Thomas, Ini Profilnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 10:38 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Freepik)

Google Doodle hari ini 17 Februari 2021, merayakan 125 tahun Dokter Marie Thomas. Ia adalah salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia, serta dedikasinya terhadap dunia kesehatan sangat berpengaruh.

Dilansir dari laman Wikipedua, Marie Thomas lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, pada 17 Februari 1896. Lalu ia meninggal dunia di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 10 Oktober 1966 di usianya yan ke 70 tahun.

Marie Thomas

Ayah dari Marie adalah Adriaan Thomas, dan ibunya bernama Nicolina Maramis. Ayahnya memiliki karier di militer sehingga keluarganya harus terus pindah tugas ke berbagai daerah di Indonesia. Namun, hal ini membuat Marie mendapatkan pengalaman pendidikan di berbagai sekolah dari Sulawesi hingga Jawa.

Baca Juga : Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Baca Juga : Maria Vania Seksi Pakai Sabrina Crop Top, Netizen Ngebet Ajak Nikah

Ia adalah seorang wanita Indonesia pertama yang menjadi dokter. Marir merupakan lulusan dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia, yakni STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen Pada 1922.

Marie Thomas

Kemudian setelah dirinya lulus, ia melanjutkan menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi. Ia dokter Indonesia pertama yang menjadi spesialis dalam bidang ini.

Kemudian ia memulai praktiknya kedokterannya di rumah sakit utama di Batavia bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ). Sekarang Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.

Selain itu, semasa hidupnya Marir juga mendirikan sebuah sekolah kebidanan di kawasan Bukittinggi, Sumatera Barat

(hel)