Share

Tidur Pakai Kaus Kaki Tidak Selamanya Baik, Ini 5 Bahayanya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 13:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi kaus kaki. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

ADA beberapa orang yang ketika tidur memiliki kebiasaan memakai kaus kaki. Ini terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca sangat dingin.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tidur pakai kaus kaki sebenarnya tidak selalu baik untuk kesehatan.

Baca juga: Sleep Apnea Ternyata Bisa Ditandai dengan Perubahan Suasana Hati 

Seperti dikutip dari Times of India, Senin (8/2/2021), berikut ini lima alasan mengapa sebaiknya tidak selalu mengenakan kaus kaki ketika tidur.

Kaus kaki. (Foto: Freepik)

1. Dapat menurunkan sirkulasi darah

Meskipun tidur dengan kaus kaki dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi, dalam beberapa kasus, hal itu bisa terjadi sebaliknya. Mengenakan kaus kaki ketat saat tidur dapat menurunkan aliran darah.

Jika Anda merasa kedinginan saat tidur, bisa memilih kaus kaki yang didesain untuk tidur atau memilih ukuran yang lebih besar daripada yang biasa dipakai sepanjang hari.

2. Meningkatkan risiko infeksi kulit

Mengenakan kaus kaki yang terbuat dari nilon dan bahan lain yang tidak ramah di kulit dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya pilih kaus kaki berbahan katun.

Baca juga: Marak Penjualan Pulau via Online, Kemendagri: Kami Investigasi Dulu 

3. Bisa menaikkan suhu tubuh

Mengenakan kaus kaki saat tidur bisa menyebabkan kepanasan. Apalagi jika Anda mengenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang tidak dapat bernapas, suhu tubuh Anda dapat meningkat meskipun tidak sedang tidur.

4. Membuat tidur tidak nyenyak

Mengenakan kaus kaki yang ketat dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan membuat tidur tidak nyenyak. Oleh karena itu, sebaiknya tidak memakai kaus kaki sebelum tidur.

Baca juga: Wanita Ini Kerap Tidur Sambil Berjalan, Suaminya Kewalahan Mengejar 

5. Kebersihan yang buruk

Mengenakan kaus kaki saat tidur dapat meningkatkan risiko kebersihan yang buruk. Jika kaus kaki terlalu ringan, tidak bersih, atau terbuat dari kain yang tidak dapat dihirup, kemungkinan Anda terkena infeksi dan bau.

Pilih kaus kaki yang terbuat dari katun dan pastikan Anda mengenakan kaus kaki yang bersih sebelum tidur. Selain itu, cuci kaus kaki Anda setiap hari agar kebersihan selalu terjaga.

Ada beberapa penelitian yang mempromosikan ide tidur dengan memakai kaus kaki. Jika Anda memilih untuk melakukannya, pastikan kaus kaki Anda tidak terlalu ketat, terbuat dari kain yang dapat membuat kulit bernapas.

Kaus kaki. (Foto: Master1305/Freepik)

1
2