Share

Beredar Harga Vaksinasi Covid-19, Holding RS BUMN: Belum Ada Mandiri

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 20:15 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19 (Foto : Shutterstock)

Publik dikejutkan dengan beredarnya daftar harga tindakan vaksin mandiri Covid-19 yang dikeluarkan oleh RS Pelni. Di pamflet tersebut, tertulis enam merek vaksin Covid-19 yang ditawarkan. Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Novavax, Pfizer, dan Sinopharm, yang dibanderol dengan harga yang berbeda-beda.

Keenam vaksin yang ditawarkan, dituliskan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12578/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Covid-19.

vaksin covid-19

Terlihat harga tindakan vaksin mandiri yang paling murah, adalah menggunakan vaksin AstraZeneca yakni Rp150.000 hingga yang termahal yaitu vaksin Covid-19 keluaran Sinopharm seharga Rp2,1juta. Dalam hitungan harga semuanya, untuk satu kali penyuntikan alias per dosis.

Baca Juga : Beredar Vaksin Covid-19 Mandiri Seharga Rp2,1 Juta, Ini Jawaban RS Pelni

Baca Juga : Beredar Harga Vaksin Covid-19 Mandiri di RS Pelni, Ini Reaksi Pertamina Bina Medika IHC

Di bagian catatan tambahan, tertulis note khusus bahwa harga vaksin bisa saja berubah sewaktu-waktu dan untuk mendapatkan hasil yang efektif, vaksinasi dilakukan sebanyak dua kali sesuai jarak dari masing-masing vaksin.

Lalu apakah benar jika sebetulnya RS BUMN, yang menaungi salah satunya RS Pelni, memang tengah mempersiapkan vaksinasi mandiri? Dari keterangan yang diberikan oleh Ken Andarini, dari holding RS BUMN, ditegaskan bahwa saat ini belum ada vaksin mandiri.

“RS BUMN melaksanakan vaksinasi sesuai arahan dan program pemerintah. Belum ada vaksin mandiri,” kata Ken saat dihubungi Okezone, Selasa (2/2/2021).

Ken menambahkan, wewenang untuk pengadaan vaksin Covid-19 di Indonesia masih dipegang oleh Kementerian Kesehatan RI, bukan di grup rumah sakit.

“Kewenangan penyediaan vaksin itu sepenuhnya ada di pemerintah, dalam hal ini Kemenkes,” pungkasnya singkat.

(hel)