Share

Mendisinfeksi Sikat Gigi Bisa Melindungi Anda dari Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 13:16 WIB
$detail['images_title']
Sikat gigi (Foto: Madison Dental)

Ketersediaan vaksin Covid-19 memang telah memberikan sedikit kelegaan. Namun Ancaman penularan Covid-19 masih tinggi.

Jumlah kasus positif Covid-19 melonjak di seluruh dunia. Ini membuat semakin penting untuk melindungi diri sendiri.

Satu hal yang sudah diketahui cukup baik tentang Covid-19 adalah virus ini sangat menular dan dapat dengan mudah menyebar dengan berbagai cara, yang berarti Anda harus mengambil segala tindakan untuk melindungi diri dari infeksi.

 Sikat gigi

Temuan dari sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa selain dari tindakan keamanan rutin Anda, mengikuti kebiasaan kebersihan tertentu juga dapat melindungi Anda dari Covid-19, misalnya seperti mendisinfeksi sikat gigi Anda.

Mari kita pahami di sini bagaimana sikat gigi Anda dapat menyebarkan virus. Bayangkan Anda adalah OTG dan menggunakan tempat yang sama untuk menyimpan sikat gigi seperti keluarga Anda. Kemungkinan sikat gigi Anda menyebarkan Covid-19 ke keluarga Anda menjadi sangat tinggi dalam skenario seperti itu.

Selama ini kita tahu bahwa menutup mulut saat batuk atau bersin, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi. Tapi menurut temuan peneliti Brasil, mendisinfeksi sikat gigi bisa menjadi cara baru untuk tetap aman dari Covid-19.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases, para peneliti menunjukkan bahwa sikat gigi kita dapat "bertindak sebagai reservoir mikroorganisme, yang dapat dengan mudah menularkan penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat.

Oleh karena itu, melansir Times of India, mendisinfeksi sikat gigi, dan menjaga kebersihan mulut harus dilakukan untuk mengendalikan penularan virus, terutama pada kasus tanpa gejala atau mereka yang menunggu hasil tes Covid-19.

Para peneliti menetapkan enam langkah untuk mendisinfeksi sikat gigi.

Langkah 1: Cuci tangan Anda dengan air dan sabun atau disinfektan dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol.

Langkah 2: Setelah ini, disinfeksi pegangan sikat gigi Anda dengan alkohol 70 persen selama satu menit.

Langkah 3: Setelah selesai membersihkan gigi, cuci sikat dan disinfektan gagang dengan alkohol 70 persen lagi selama satu menit.

Langkah 4: Rendam kepala sikat Anda dalam larutan pembersih etanol dan minyak esensial dan biarkan selama 20 menit.

Langkah 5: Biarkan sikat Anda mengering, lalu simpan dari tempat lain.

(DRM)