Share

Kenali Gejala HNP, Penyakit yang Bikin Deddy Corbuzier 4 Bulan di Kursi Roda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 10:40 WIB
$detail['images_title']
Deddy Corbuzier pernah mengalami sakit tulang punggung parah yang membuatnya harus duduk di kursi roda selama empat bulan. (Foto: Okezone)

ARTIS bertubuh atletis Deddy Corbuzier pernah mengalami suatu penyakit serius Hernia Nucleus Pulposus atau biasanya disebut HNP. Pria berkepala plontos ini mengaku tulang punggungnya rusak parah dan berada dalam taraf yang mengkhawatirkan. Setelah diperiksa kondisi kesehatannya, ayah satu anak ini sukses membuat dokter terkejut, sebab masih bisa berdiri.

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) mengacu pada masalah dengan salah satu bantalan karet (disk) yang berada di antara tulang individu (vertebra). Bantalan tersebut menumpuk untuk membentuk tulang belakang manusia. HNP terjadi ketika beberapa inti bantalan karet mendorong keluar melalui robekan pada anulus.

Baca juga: Tulang Punggung Rusak Parah, Ini Alasan Deddy Corbuzier Masih Mampu Berdiri

Setelah diusut oleh dokter dari RSPAD, rupanya otot punggung Deddy Corbuzier sangat berpengaruh untuk menopang berdiri. Ternyata selama ini Deddy bisa berdiri karena ditopang otot punggung, bukan tulang. Deddy juga pernah mengaku sempat duduk di kursi roda selama empat bulan lamanya karena penyakit HNP yang diidap.

Melansir dari Mayo Clinic, Senin (14/12/2020), sebagian besar HNP terjadi di punggung bawah, meskipun bisa juga terjadi di leher. Tanda dan gejala bergantung pada lokasi disket. Lalu apakah disk menekan saraf?

Tulang punggung. (Foto: Shutterstock)

HNP biasanya mempengaruhi satu sisi tubuh. Selain itu HNP juga memiliki beberapa gejala, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Nyeri lengan atau kaki

Jika HNP berada di punggung bawah, biasanya akan merasakan nyeri paling hebat di bokong, paha, dan betis. Seseorang mungkin juga mengalami nyeri di bagian kaki. Jika HNP berada di leher, seseorang biasanya akan merasakan nyeri paling hebat di bahu dan lengan.

Nyeri ini mungkin menjalar ke lengan atau kaki saat Anda batuk, bersin, atau berpindah ke posisi tertentu. Nyeri sering digambarkan sebagai rasa tajam atau terbakar.

Baca juga: Chef Arnold Bagikan Kunci Bisnis Kuliner Tetap Lancar saat Pandemi, Apa Saja?

2. Mati rasa atau kesemutan

Orang yang mengalami HNP sering mengalami mati rasa atau kesemutan yang menyebar di bagian tubuh yang bergantung oleh saraf yang terkena.

3. Kelemahan

Otot yang bergantung oleh saraf yang terkena cenderung melemah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang tersandung, atau memengaruhi kemampuan untuk mengangkat atau memegang barang.

Selain itu, seseorang juga dapat mengalami HNP tanpa gejala. Seseorang mungkin tidak tahu apakah memiliki HNP kecuali jika melakukan pemeriksaan tulang belakang. Alhasil, ada baiknya untuk mencari pertolongan medis jika nyeri leher atau punggung menjalar ke lengan atau tungkai. Bisa juga jika seseorang mengalami gejala mati rasa, kesemutan, atau kelemahan.

Baca juga: 5 Manfaat Rajin Minum Air Madu, Bisa Sembuhkan Sembelit Lho 

Deddy Corbuzier

1
2