Share

Rasakan Gejala Covid-19, Ini Pengobatan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 12:03 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

COVID-19 yang disebabkan coronavirus 2 (SARS-CoV-2) telah menyebar ke seluruh dunia. Terlepas dari itu, diperlukan pemahaman yang lebih baik tentang cara menyembuhkan gejala ringan virus yang sangat menular dan mematikan ini.

Jika merasakan gejala virus corona (covid-19) sebaiknya segera mengambil tindakan. Apabila tidak mengalami perubahan berarti dan memilih melakukan isolasi mandiri di rumah, ada beberapa hal yang mesti dilakukan.

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Seseorang Terpapar Covid-19 seperti Dialami Siswa SMK di Jateng 

Apa saja? Berikut ini pengobatan yang bisa dilakukan di rumah jika merasakan gejala covid-19, sebagaimana dirangkum dari Healthsite, Minggu (6/12/2020).

1. Perbanyak istirahat

Saat melawan virus baru, perkirakan tubuh Anda akan sibuk. Dengan memberi diri Anda banyak waktu untuk istirahat, maka akan membantu menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menyelesaikan pekerjaan.

2. Perbanyak minum air

Memastikan Anda cukup terhidrasi dapat membantu meringankan beberapa gejala. Demam biasanya disertai peningkatan keringat, dan minum banyak air dapat membantu mengisi kembali cairan yang hilang atau untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda mengalami batuk kering, satu sendok teh madu dalam air panas dapat membantu melegakan tenggorokan.

Jika Anda mengalami hidung tersumbat, minuman hangat tanpa kafein dapat membantu mengencerkan lendir. Selain itu, memastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu sistem kekebalan saat melawan virus.

Baca juga: Ini Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi saat Musim Hujan 

3. Membeli obat di apotek atau klinik terdekat

Gejala yang menyertai kasus covid-19 tergolong ringan hingga sedang, bisa berlangsung dari beberapa hari hingga satu pekan atau lebih, dan kebanyakan orang pulih dari gejala dalam dua pekan. Siapkan obat-obatan dasar untuk demam, pilek, dan nyeri badan di rumah. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sudah menjalani perawatan lain.

4. Melakukan Pencegahan

Satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan virus adalah dengan mencuci tangan secara sering dan menyeluruh, terutama sebelum makan, menyentuh wajah, atau bagian tubuh lainnya. Selalu bawa pembersih tangan dan lindungi diri Anda dengan menggunakan masker berkualitas baik.

Baca juga: Ridwan Kamil Unggah Tipe Bapak-Bapak Dilihat dari Selera Makannya, Kamu yang Mana? 

Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan masker yang sama dua kali. Anda dapat menggunakan masker kapas dan segera mencucinya setelah kembali ke rumah, atau Anda juga bisa mendapatkan beberapa masker wajah bekas pakai.

Virus kemungkinan besar masuk ke tubuh Anda dari tangan yang terkontaminasi saat menyentuh hidung, mata, atau mulut. Jadi sangat penting menjaga tangan tetap bersih. Selain itu, pastikan untuk menjaga jarak sosial.

Pastikan makan dengan sehat dan sertakan buah dan sayuran kaya vitamin C dalam makanan Anda. Mengapa? Karena ini dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan dan membantu tubuh Anda tetap aman dari virus korona.

Baca juga: Ingat Imbauan Terbaru WHO, Tetap Pakai Masker meskipun di Rumah 

1
2