Share

Ibu Menyusui Positif Covid-19, Begini 9 Tata Cara Beri ASI ke Bayi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:01 WIB
$detail['images_title']
Ibu menyusui beri ASI (Foto : Medicaldaily)

Penyebaran virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 sejauh ini melalui droplet ataupun aerosol dari orang yang terinfeksi. Para peneliti belum mendeteksi virus corona ada di dalam ASI.

Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun tidak melarang ibu dengan penyakit infeksi pernapasan saluran atas (ISPA) bahkan Covid-19 untuk menyusui. Lembaga kesehatan tersebut bahkan merekomendasikan ibu dengan Covid-19 tetap memberikan ASI untuk bayinya.

Ibu Menyusui

Meski dikatakan aman, Anda para ibu mungkin cemas ketika harus memberikan ASI ke bayi dalam keadaan masih positif Covid-19. Namun, Dokter Umum Konsultan Laktasi dr Meutia Ayuputeri Kumaheri, M.Res, IBCLC, CIMI, punya beberapa langkah yang bisa dilakukan agar proses menyusui tetap berjalan aman.

Penasaran seperti apa tata cara menyusui untuk para ibu positif Covid-19?

1. Cuci tangan sebelum bersentuhan dengan bayi, peralatan pompa, dan peralatan minum bayi.

2. Ikuti semua petunjuk cara membersihkan peralatan pompa dan minum bayi.

3. Gunakan masker wajah saat menyusui bayi. Pastikan mengganti masker apabila lembab atau basah. Kemudian, segera buang masker sekali pakai setelah tidak digunakan. Tak kalah penting, saat memakai dan membuka masker, hindari memegang wajah bagian depan.

Baca Juga : Nagita Slavina Latihan Menari Pakai N95, Netizen: Virus Bakalan Sungkem Sama Ini Masker

4. Apabila ibu harus dalam perawatan terpisah dengan bayi, cari informasi terkait donor ASI atau orang sehat yang dapat memberikan ASI perah kepada bayi. Orang sehat yang merawat dan memberikan ASI perah kepada bayi juga harus menjalankan protokol kesehatan yang sama dengan ibu.

5. Bersihkan area permukaan perabotan di rumah dengan cairan pembersih secara berkala.

6. Ibu tidak perlu membersihkan kulit payudara secara teratur sebelum menyusui atau perah ASI. Namun demikian, apabila ibu batuk atau bersin mengenai kulit payudara, ibu dapat segera mandi dan membersihkan area kulit payudara dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, sebelum menyusui.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Apabila ibu merasakan gejala-gejala Covid-19 seperti demam, sakit kepala, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan lainnya, segera konsultasikan ke dokter.

8. Apabila ibu mengalami keraguan, dapat berkonsultasi dengan tenaga profesional yang dapat membimbing menyusui dalam kondisi Covid-19.

9. Pilih fasilitas kesehatan untuk konsultasi dokter atau konsultasi laktasi yang menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Ibu Menyusui

Diterangkan dr Meutia, langkah-langkah tersebut tak hanya dapat diterpakan bagi ibu terkonfirmasi atau suspek Covid-19. "Ya, ibu yang sehat pun bisa menerapkan langkah-langkah tersebut untuk memastikan bayi minim risiko terpapar Covid-19," terangnya dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Senin (9/11/2020).

Dokter Meutia menambahkan, protokol kesehatan yang ketat memang sangat penting diberlakukan di masa pandemi sekarang ini. "Apabila ibu menyusui menemukan kesulitan dalam kegiatan menyusui, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan konselor atau konsultan laktasi," tambahnya.

1
2