Share

Ini Bahayanya Bila Anda Terlalu Lama Menahan Buang Air Kecil

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 11:29 WIB
$detail['images_title']
(Foto: Express)

Dalam tubuh manusia membutuhkan 9 hingga 10 jam untuk menghasilkan urin hingga penuh di dalam kandung kemih. Jadi hal ini merupakan suatu yang mudah untuk Anda menahannya di saat kondisi yang tidak memungkinkan untuk buang air kecil.

Jika di dalam kandung kemih Anda sudah penuh menampung urin Anda, janganlah mencoba-coba untuk menahannya dalam waktu yang lama.

Saat Anda menahan buang air kecil, kandung kemih akan meregang untuk menahan lebih banyak cairan urin, jika Anda mencoba untuk menahan buang air kecil dalam waktu lama, hal ini dapat membahayakan organ dan ini akan menjadi masalah yang serius.

Seharusnya Anda harus mengosongkan kandung kemih setiap 3 jam sekali. Biasanya, seseorang perlu buang air kecil 6 hingga 8 kali sehari. Namun, hal ini tergantung jumlah cairan yang Anda konsumsi dalam sehari.

 Dalam tubuh manusia membutuhkan 9 hingga 10 jam untuk menghasilkan urin hingga penuh di dalam kandung kemih.

Baca juga: Orang Obesitas Harus Terapkan Diet untuk Cegah Covid-19

Bagi seorang wanita, menahan buang air kecil sesekali di waktu datang bulan tidak berbahaya. Namun, jika dilakukannya secara terus menerus akan menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan.

Masalah kesehatan paling umum yang disebabkan oleh menahan kencing adalah Infeksi Saluran Kemih (ISK). Jenis infeksi ini menyebabkan iritasi pada kandung kemih dan meningkatkan frekuensi buang air kecil. ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Menahan buang air kecil juga dapat menurunkan sensitivitas reseptor yang ada di dinding kandung kemih, dan seiring berjalanya waktu Anda dapat mengembangkan inkontinensia urin. Ini adalah kondisi di mana kandung kemih kehilangan kendali dan terkadang menyebabkan kebocoran urin, terutama saat batuk, bersin, atau saat Anda ingin buang air kecil.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh Anda khususnya terkait dengan kandung kemih. Disarankan Anda tidak boleh menahan buang air kecil terlalu lama.

Setiap kali Anda merasakan ingin buang air kecil, usahakanlah agar Anda cepat – cepat untuk membuangnya. Janganlah menganggap menahan buang air kecil terlalu lama merupakan hal yang biasa. Namun tetap berhati-hatilah dalam menjaga tubuh agar tetap sehat.

(ahl)