Share

Sesak Napas Tak Selalu Covid-19, Bisa Jadi Kena Penyakit Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 19:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT corona Covid-19 memang membuat banyak orang khawatir. Beberapa gejalanya seperti demam, batuk dan sesak napas membuat banyak orang waspada.

Contoh saja sesak napas, banyak orang yang sesak napas kemudian mengasosiasikannya sebagai penyakit corona. Padahal, belum tentu orang tersebut kena covid-19, bisa saja di kena bronkitis.

Melansir Facty, bronkitis adalah penyakit pernapasan umum yang disebabkan oleh peradangan selaput lendir di lorong bronkial paru-paru. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, polusi, atau udara terkontaminasi ini bias membuat paru-paru terpapar sumber penyakit dan membengkak.

Akibat pembengkakan paru-paru tersebut, saluran udara menjadi kecil dan membuat oksigen yang masuk menjadi terbatas. Ketika kondisi ini sudah terjadi, pasien akan merasa tidak nyaman. Mereka yang merokok dengan aktif menjadi faktor risiko paling tinggi masalah ini.

Sesak napas

Ada beberapa gejala yang sepertinya sepele, tapi ternyata bisa menjadi awal gejala bronkitis loh, yuk dipelajari.

Sakit tenggorokan

Gejala awal dari bronkitis juga bisa ditandai dengan sakit tenggorokan. Rasa gatal di tenggorokan akan membuat Anda sulit menelan sesuatu dan sakit saat berbicara. Kondisi ini tidak akan hilang selama batuk masih ada.

Pilek atau hidung tersumbat

Karena pasien bronkitis disebabkan virus atau bakteri, makanya kondisi pernapasan akan ikut terserang. Hal ini biasanya ditandai dengan pilek atau hidung tersumbat. Gejala ini biasanya terjadi pada anak-anak yang sistem imunitasnya masih lemah.

Muncul bunyi saat bernapas atau 'bengek'

Orang dengan masalah bronkitis dapat dengan mudah dikenali dari munculnya bunyi saat bernapas atau yang biasa kita sebut 'bengek'. Kondisi ini bisa terjadi karena ruang paru-paru terbatas akibat peradangan bronkial. Pada pasien bronkitis kronis, 'bengek' akan keluar saat naik tangga atau berlari.

Sesak napas

Pasien bronkitis biasanya mengalami sesak napas. Kondisi ini membuat sekecil apapun aktivitas yang dilakukan pasien, akan membuat dirinya sesak napas. Tanda ini harus diwaspadai, karena bila berlangsung lebih dari tiga hari, maka bisa jadi kondisi bronkitis Anda semakin parah.

karena bila berlangsung lebih dari tiga hari, maka bisa jadi kondisi bronkitis Anda semakin parah.

1
2