Share

Mengenal Transplantasi Ginjal, Begini Caranya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 14:03 WIB
$detail['images_title']
Sakit ginjal (Foto: Medical New Today)

Transplantasi ginjal menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan pasien penyakit ginjal selain dengan terapi hemodialisa. Namun masih banyak orang yang belum tahu tentang manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan transplantasi ginjal.

Kepala Departemen Urologi FKUI-RSCM, Dr. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K) mengatakan, prosedur transplantasi ginjal dilakukan secara multidisiplin dan komprehensif untuk mencapai tingkat keberhasilan yang diharapkan.

 sakit ginjal

Salah satu rumah sakit di Indonesia yang memiliki tim khusus untuk melakukan transplantasi ginjal adalah RSUPN Cipto Mangunkusumo. Bahkan tim Transplantasi Ginjal di RSCM terdiri dari beberapa spesialis terkait.

“Diantaranya mencakup ahli Penyakit Dalam Ginjal Hipertensi (ahli Nefrologi, Urologi, Anestesiologi, Radiologi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Kardiologi, Pulmonologi, Psikiatri, dan THT,” terang dr.Irfan dalam re-launching ‘Unit Layanan Transplantasi Ginjal RSUPN Cipto Mangunkusumo', Jumat (11/9/2020).

Lebih lanjut, dr. Irfan mengatakan, dokter spesialis urologi dibagi menjadi 2 tim, yaitu tim donor dan tim resipien. Anggota aktif tim donor transplan saat ini berjumlah 4 orang, sementara tim resipien transplan berjumlah 5 orang, dalam 9 tahun terakhir.

Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Sarankan Pakai Masker saat Berhubungan Suami-Istri

“Prosedur transplantasi ginjal di RSCM sudah dilakukan hampir 800 kali, 15 diantaranya dilakukan di era pandemi Covid-19,” tuntasnya.

(DRM)