Share

Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Dokter Minta Masyarakat Lebih Tertib Patuhi Protokol Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 08:45 WIB
$detail['images_title']
Pandemi Covid-19 (Foto: Doctissimo)

Jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta meningkat dengan tajam. Peningkatan kasus positif ini disebabkan karena perilaku masyarakat sesuai protokol kesehatan yang kurang tepat dan kurang disiplin.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Rio Azadi, SpPD, mengatakan, ada baiknya masyarakat menerapkan protokol kesehatan di semua tempat. Misalnya saat berada di luar rumah.

wajib pakai masker

“Makan, tetap jaga jarak, hindari mengobrol yang tidak perlu, saat istirahat dan santai setelah berolahraga dalam suatu komunitas. Selain itu tetap menggunakan masker, ketika berfoto bersama, dan selalu berhati-hati juga sangat disarankan,” terang dr. Rio dalam video yang diunggahnya.

Saat bersama orang orang yang dikenal dekat seperti rekan kerja, kenalan lama, rekan kuliah, teman sekolah, teman satu komunitas hobi atau olahraga, protokol kesehatan pun tetap harus dipakai.

Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Sarankan Pakai Masker saat Berhubungan Suami-Istri

“Meski kita mengenal baik mereka, tapi tentu saja kita tidak tau persis dan detil apa saja yang dilakukan mereka sepanjang hari, mereka bertemu dengan siapa, mereka selalu menerapkan protokol kesehatan atau tidak. Jadi jangan mengambil resiko yang tidak perlu,” pungkasnya.

(DRM)