Share

Penelitian Ungkap Vaksin BCG Picu Kekebalan Tubuh, Lindungi Pasien Covid-19

Intan Permata Sari, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 17:49 WIB
$detail['images_title']
(Foto: Shutterstock)

Covid-19 menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Sejumlah ilmuwan dunia sudah melakukan berbagai percobaan vaksin dan berbagai obat di seluruh dunia. Salah satu vaksin yang sudah diuji coba oleh beberapa ilmuwan adalah vaksin BCG.

Kini, para peneliti dari Belanda mengatakan bahwa vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guérin) dapat membantu memerangi krisis kesehatan Global. Sebenarnya, vaksin ini diberikan pada bayi di Indonesia untuk mencegah penyakit TB (Tuberkulosis). Akan tetapi sekarang melindungi lansia dari infeksi saluran pernapasan, mungkin juga menawarkan perlindungan terhadap Covid-19.

Menurut para peneliti, pasien berusia di atas 65 tahun yang dirawat di rumah sakit secara acak menerima BCG atau vaksinasi plasebo. Orangtua yang divaksinasi BCG memiliki infeksi saluran pernafasan 75 persen lebih sedikit daripada orangtua yang menerima plasebo.

Meskipun sebagian besar perlindungan tampaknya ditujukan untuk infeksi saluran pernapasan yang (mungkin) berasal dari virus, apakah BCG juga berfungsi melawan Covid-19 atau tidak, belum terbukti, karena prevalensi Covid-19 yang rendah dalam penelitian ini, kata tim penelitian tersebut.

 Peneliti dari Belanda mengatakan bahwa vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guérin) dapat membantu memerangi krisis kesehatan Global.

Baca juga: 3 Makanan Ini Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet

Namun, penelitian tersebut menunjukkan bahwa memberikan vaksinasi BCG secara aman kepada lansia dapat melindungi mereka dari berbagai infeksi. Beberapa penelitian sedang dilakukan yang secara khusus melihat efek BCG pada Covid-19.

Bulan lalu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Reports Medicine, mengungkapkan bahwa vaksin BCG memiliki efek stimulasi umum pada sistem kekebalan dan, oleh karena itu, efektif melawan Covid-19.

(ahl)