Share

Jempol Cantengan? Tak Perlu Khawatir, Ikan Saja dengan Lemon

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 20:29 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TERLUKA di jempol kaki memang menyebalkan, terutama ketika kuku jempol kaki ikut terkena. Pasalnya, tekanan pada kuku kaki bisa menembus kulit dan menyebabkan cantengan.

Dalam situasi tertentu, ketika jempol membengkak, biasanya jari kaki akan bernanah. Tapi tenang saja, ada tips menangganinya tanpa harus pergi ke dokter sebagaimana dilansir dari Health Me Up. Berikut ulasannya :

Ikat jari kaki dengan lemon

Lemon ternyata mampu menyembuhkan cantengan. Caranya, iris tipis lemon dan tempelkan di bagian jari yang cantengan dengan perban. Biarkan semalaman, dan ganti keesokan harinya setelah selesai mandi. Kandungan asam pada lemon membantu menyembuhkan infeksi dan mengusir bakteri yang memicu pembengkakan.

Jari kaki

Oleskan balsem

Formula balsem yang terasa dingin di kulit mampu mempercepat penyembuhan infeksi dan mengurangi nyeri. Jadi, rajinlah mengoleskan balsem pada jari yang terkena cantengan.

Pakai salep antibakteri

Merendam kaki dengan larutan air sabun antibakteri ampuh mengurangi rasa nyeri. Peradangan akibat infeksi di kaki juga segera hilang dengan formula sabun antibakteri itu.

Rendam kaki

Merendam kaki dengan air hangat dicampur garam selama 20 menit membantu melembutkan daerah yang terkena cantengan. Jika perlu, Anda bisa merendam kaki dengan cairan hidrogen peroksida guna mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan infeksi.

(mrt)