Share

4 Olahraga Aman dari Covid-19, Tetap Waspada Ya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 13:59 WIB
$detail['images_title']
Warga berolahraga di CFD pertama Jakarta (Foto : Heru/Okezone)

Sudah dibukanya fasilitas umum termasuk arena olahraga ruang terbuka membuat masyarakat mulai aktif berolahraga kembali. Hal tersebut bisa dilihat sendiri bagaimana situasi CFD di Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Suasana jalanan ramai pengendara sepeda dan juga pejalan kaki. Mereka semua menggunakan masker tapi sepertinya menjaga jarak bukan hal yang mudah dilakukan saat berolahraga.

Padahal, menjaga jarak merupakan bagian dari protokol kesehatan pencegahan virus corona menyebar antarorang. Lantas, olahraga apa yang aman dari Covid-19? Apakah ada?

1. Jogging

Jogging Pakai Masker

Menurut laman The Conversation, Professor of Physical Activity, Lifestyle, and Population Health University of Sydney, Emmanuel Stamataki, mengatakan jogging yang aman adalah dengan menjaga jarak aman.

"Jika melihat ada pelari yang bersin atau batuk, Anda sebaiknya pergi menjauh," papar Stamataki. Kemudian, agar jogging terasa aman dilakukan bukan di jogging track. Sebab, fasilitas tersebut sangat sempit membuat Anda sulit leluasa beraktivitas. Tapi, kalau memang adanya itu, pastikan jarak aman.

"Selain jaga jarak aman, Anda juga bisa memilih waktu lari di pagi hari atau waktu yang kurang sibuk," sambungnya.

Perlu menjadi catatan, untuk durasi olahraga di luar ruangan yang direkomendasikan ialah 150 menit dengan intensitas sedang atau 75 menit pada aktivitas fisik intensitas tinggi.

Baca Juga : Kalau Hasil Rapid Test Reaktif, Harus Ngapain Sih?

2. Berenang

Menurut Daily Sabah, para pejabat kesehatan di seluruh dunia sepakat kalau berenang boleh dilakukan. Asalkan tetap jaga jarak baik saat berenang.

Lebih lanjut, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukan bahwa virus yang menyebabkan Covid-19 bisa menyebar antarorang melalui air, baik itu di kolam renang, pantai, danau, atau kolam air hangat.

Perlu Anda ketahui juga bahwa disinfektan kolam seperti klorin yang biasa dipergunakan di kolam renang terbukti tempat yang mematikan bagi virus.

3. Bersepeda

Olahraga ini bisa aman ketika Anda benar-benar menjaga jarak dengan pesepeda lainnya. Pastikan 2 meter berjarak dengan pesepeda lainnya. Ingat, jaga jarak adalah salah satu kunci terhindar dari penularan virus corona.

Kemudian, menurut laman Cleveland Clinic, pilih jalur sepeda yang tidak ramai pengendara lainnya. Ini meminimalisir Anda dari risiko penyebaran virus. Lalu, selalu sediakan botol minum yang memiliki penutup, supaya tidak terpapar langsung udara.

Bersepeda

4. Nge-gym

Ini terdengar ambigu memang, karena beberapa sumber menjelaskan pusat kebugaran adalah area penyebaran virus corona. Namun, risiko itu bisa Anda minimalisir dengan memilih jam yang tidak ramai.

Kemudian, pastikan bawa tisu basah untuk mengelap alat yang akan Anda gunakan untuk memastikan tidak ada droplet yang menempel di sana. Pastikan juga Anda jangan sering-sering pegang wajah.

Dilansir dari Consumer Reports, pastikan juga tangan Anda tetap bersih. Karena itu, jangan malas untuk cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer setelah menggunakan alat atau sebelum memegang botol minum atau handuk Anda.

1
2