Share

Dokter Naek L Tobing Meninggal, Begini Cara Cegah Kanker Lambung yang Perburuk Kondisi Pasien Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 15:09 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Healthline)

Kabar duka kembali datang dari dunia medis. Seksolog senior, dr. Naek L Tobing SpKJ meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan. Ia menjadi salah satu dokter yang meninggal karena virus corona COVID-19.

Sekadar informasi dokter berusia 79 tahun ini memang diketahui memiliki riwayat penyakit penyerta yakni kanker lambung. Kondisinya semakin memburuk setelah ia dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Melansir dari Stanford Health Care, Selasa (7/4/2020), sebenarnya ada faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami kanker lambung. Beberapa faktor tersebut adalah riwayat keluarga dan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok.

Sakit Perut

Selain itu beberapa dokter mengatakan kasus kanker lambung yang terus menerus meningkat delama beberapa dekade terakhir disebabkan oleh perubahan pada apa yang dikonsumsi seseorang. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pengawetan makanan: Masyarakat saat ini lebih sering mengawetkan makanan melalui lemari pendingin. Kurangi pengawetan makanan dengan cara pengasinan, pengasapan atau pengawetan.

2. Diet sehat: Mengonsumsi makanan dengan banyak serat seperti vitamin A dan vitamin C juga dapat menurunkan risiko kanker perut.

3. Berhenti merokok: Berhenti merokok adalah satu-satunya keputusan terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Merokok dapat mengurangi risiko terkena masalah medis.

Berhenti merokok akan mengurangi banyak risiko kanker, termasuk kanker perut, kepala dan leher, laring, kerongkongan, paru-paru, kandung kemih, ginjal dan pankreas.

Follow Berita Okezone di Google News

Tentunya ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar seseorang terhindar dari kanker lambung. Salah satunya dengan mengurangi faktor risiko terjadinya penykit tersebut. Berikut langkahnya.

1. Batasi jumlah alkohol yang Anda minum dan jangan menggunakan produk tembakau.

2 .Hindari konsumsi makanan yang diasap dan diasamkan serta daging dan ikan asin.

3. Makanlah buah-buahan dan sayuran segar dan banyak makanan gandum, seperti roti gandum, sereal, pasta, dan nasi.

4. Pertahankan berat badan yang sehat.

Selain mengurangi faktor risiko, mengonsumsi obat-obatan juga efektif untuk mencegah kanker lambung. Aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID), seperti ibuprofen, dapat menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker lambung.

Tetapi obat-obatan ini dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal. Banyak dokter menyebut aspirin atau NSAID memberikan manfaat tambahan dalam mencegah kanker jika dikonsumsi. Tetapi dokter tidak merekomendasikan meminumnya hanya untuk mengurangi risiko kanker Anda.

1
2