Share

Cegah Virus Corona COVID-19, Dokter Gigi Anak Diminta Hentikan Layanan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Maret 2020 20:32 WIB
$detail['images_title']
Dokter Gigi (Foto: Foxnews)

SEMAKIN meluasnya wabah Corona COVID-19, membuat pemerintah memberikan imbauan untuk menjaga jarak. Bahkan, untuk mencegah persebaran virus Corona tersebut maka sekolah-sekolah akan diliburkan.

Selain sekolah-sekolah, tempat wisata dan juga dihentikan operasinya. Selain itu, ternyata dokter gigi anak pun diminta menunda pelayanan mereka, lantaran virus corona COVID-19 memang dari droplet.

"Kami menyarankan kepada teman sejawat Anggota IDGAI DKI Jakarta untuk menunda pelayanan kecuali yang bersifat emergensi," tutur Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) DKI Jakarta Dr. Eva Fauziah, drg, Sp.KGA(K).

Menurut dokter Eva, hal ini perlu dilakukan setidaknya 2 minggu ke depan. Meski demikian, dia meminta para dokter gigi anak tetap berkomunikasi aktif dengan orang tua pasien, dan dapat dilakukan melalui aplikasi, bila dikeluhkan adanya hal-hal yang bersifat kedaruratan mulut anak.

bila dikeluhkan adanya hal-hal yang bersifat kedaruratan mulut anak.

"Kami juga menghimbau rekan sejawat sekalian untuk lebih memperhatikan APD (alat pelindung diri) yang digunakan pada saat praktik demi mengurangi risiko kontaminasi dan risiko penyebaran yang lebih luas," jelasnya.

Selain itu, penggunaan facemask proteksi disarankan, dan sebisa mungkin diminimalkan penggunaan alat kedokteran seperti bur dan syringe. "Bila dianggap sangat perlu maka optimalkan perlindungan diri sejawat sekalian dengan mengutamakan proteksi terhadap mukosa mulut, hidung dan mata," tambah dia.

Dia melanjutkan, imbauan ini diberikan untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran COVID-19 melalui Spesialis Kedokteran Gigi Anak. "Semoga kita terlindungi dari infeksi yang dapat mengganggu aktifitas kita," tukas dia. (mrt)

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)