Share

3 Penyebab Sering Buang Air Kecil Tengah Malam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 22:43 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Apakah Anda termasuk orang yang sering terbangun tengah malam hanya untuk buang air kecil? Jangan khawatir, sering buang air kecil tengah malam tak selalu berkaitan dengan penyakit.

Ada beberapa hal yang mendasari mengapa orang sering buang air kecil di malam hari. Salah satunya adalah otot panggul yang lemah, sehingga Anda tidak dapat menahan pipis.

Melansir dari Thehealthsite, Jumat (13/3/2020), berikut penyebab seseorang sering pipis tengah malam :

Retensi air di tubuh bagian bawah

Jika Anda menderita edema dan kaki bengkak, retensi cairan di tubuh bagian bawah bisa membuat Anda ingin buang air kecil saat berbaring di atas kasur. Mengangkat kedua kaki Anda beberapa jam sebelum tidur dapat membantu cairan di bagian bawah tubuh bergerak ke atas.

Terlalu banyak minum kafein

Es Kopi

Kafein dan alkohol dapat meningkatkan output urin Anda. Jadi bila Anda tipe orang yang suka minum kopi sebelum tidur, jangan tanga kenapa Anda sering pipis di malam hari. Ada baiknya Anda tidak minum kopi atau alkohol di atas pukul 18.00.

Minum terlalu banyak air sebelum tidur

Minum terlalu banyak air sebelum tidur bisa membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi di malam hari. Minum banyak air bisa mengganggu jam tidur Anda, jadi pastikan jangan minum banyak air sebelum tidur.

(hel)