Share

COVID-19 Bisa Menyerang Organ Ginjal? Ini Penjelasan Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 15:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Sejak empat bulan lalu, masyarakat dunia dihebohkan dengan kasus virus korona (COVID-19) yang menginfeksi Wuhan, China. Penyakit saluran pernapasan ini telah menginfeksi lebih dari 90 ribu orang dan menyebabkan korban jiwa sebanyak tiga ribu orang.

Kabarnya orang yang menjadi sasaran utama COVID-19 adalah orang dalam kategori lanjut usia dan seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronik. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung, paru-paru dan ginjal. Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Menjawab hal tersebut Ketua Umum PB PERNEFRI, dr. Aida Lydia, PhD, Sp. PD-KGH, menjelaskan penyakit ginjal memang memiliki korelasi dengan COVID-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia. Hanya saja korelasi dari kedua penyakit ini adalah komplikasi.

“Memang kalau dari televisi bisa berpengaruh sampai dialisis (Cuci darah). Jadi dalam hal ini COVID-19 bisa menyerang ginjal diakibatkan karena pengaruh komplikasi,” terang dr. Aida kepada Okezone dalam acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2020, di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Virus Korona

Dokter Aida mengatakan dalam kondisi yang lebih berat, seseorang mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Infeksi tersebut yang kemungkinan besar bisa menyerang organ tubuh penting dari manusia, salah satunya adalah ginjal.

“Bisa terjadi infeksi bakteri yang berujung pada sepsis (komplikasi berbahaya akibat infeksi), yang bisa mengganggu organ. Salah satu organ yang mengalami gangguan adalah ginjal,” tuntasnya.

(hel)