Share

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengupil

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 21:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Sickchirpse)

SETIAP manusia memang memiliki kebiasaan tertentu. Namun, ada beberapa kebiasaan yang sudah terlampau dari batasan. Salah satunya adalah seringnya mengupil.

Mengupil pada dasarnya merupakan kegiatan yang alami dan manusiawi. Mengupil bertujuan untuk membersihkan bagian dalam hidung dari kotoran atau debu. Mengupil bisa menjadi masalah jika Anda melakukannya di depan banyak orang. Tak apa melakukannya jika Anda sedang di rumah atau di kamar mandi.

Namun, mengupil di tempat umum malah akan membuat orang merasa jijik pada Anda walaupun kebiasaan tersebut merupakan kegiatan manusiawi. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan sering mengupil? Berikut 7 caranya sebagaimana Okezone lansir dari Developgoodhabits, Selasa (16/10/2018).

1. Berikan waktu untuk mencoba menghilangkan kebiasaan mengupil

Seringnya mengupil dikarenakan sebuah kebiasaan, hingga akhirnya membuat Anda terus melakukannya. Kebiasaan buruk memang susah untuk dihilangkan. Tetapi, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba menghilangkannya. Menurut Psychology Today, menghilangkan kebiasaan buruk membutuhkan waktu sekitar tiga minggu. Jangan menyerah dan terus mencoba.

 (Baca Juga:Terapkan Hidup Sehat, Maudy Ayunda Suka Olahraga yang Lagi Tren)

2. Mengingat pemicu kebiasaan

Kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda lakukan pasti ada pemicunya. Begitu juga dengan kebiasaan mengupil. Anda perlu mengetahui, mengingat atau bahkan mencatat apa saja yang menjadi pemicu kebiasaan mengupil. Misalnya, Anda mengupil di saat bosan? Gelisah? Sedang bermain game di depan komputer? Atau ketika mencium aroma seperti kue? Untuk menghetikan kebiasaan buruk ini Anda harus memahani pemicunya dan mencari alternatif seperti mendengarkan lagu favorit yang akan membuat Anda melupakan kebiasaan ngupil yang sering Anda lakukan.

 

3. Masalah kesehatan

Di antara kebiasaan yang sering dilakukan bisa merupakan tanda adanya masalah kesehatan. Seperti mengupil, ternyata mengupil bisa merupakan efek samping dari gangguan ksecemasan. Mereka yang sering cemas, lebih sering menyentuh hidung dan mengupil. Ketika seseorang menderita alergi, terdapat lendir yang mengalir dalam hidung dan akhirnya mengeras dan membuat Anda berkeinginan untuk terus mengupil. Kebiasaan ini pasti membuat Anda tidak nyaman, maka dari itu segeralah periksakan kondisi ke dokter agar kebiasaan ini tidak berlanjut lama.

 (Baca Juga:5 Roti Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Rp1,6 Juta per Potong)

4. Sadari dan lakukan kegiatan lain

Setiap kali Anda merasa ingin mengupil, Anda bisa melakukan kegiataan lain untuk melupakan kebiasaan ini. Memang sulit pada awalnya, tapi Anda harus sering melakukannya demi menghilangkannya. Salah satu caranya adalah memakai karet gelang di pergelangan tangan Anda, ketika merasa ada dorongan untuk mengupil, Anda bisa menjentikan karet gelang tersebut hingga membuat Anda sadar.

Selain itu Anda juga bisa membuat rencana. Ketika menyusun rencana, buatlah seperti langkah demi langkah untuk menghentikan kebiasaan mengupil. Rencana tersebut bisa berupa waktu kapan Anda harus mengeluarkan kotoran dari hidung, misalnya pada saat mandi di pagi atau sore hari. Jika terbiasa melakukannya, Anda dapat menghilangkan kebiasaan mengupil di tempat umum.

5. Bantuan dari orang lain

Mungkin sedikit memalukan untuk menceritakan kebiasaan buruk yang Anda lakukan pada orang lain. Namun, meskipun memalukan, menceritakan hal ini pada orang lain, mereka dapat membantu menghilangkan kebiasaan mengupil yang Anda lakukan. Teman atau kerabat Anda dapat memberitahukan ketika Anda tidak sadar saat melakukannya. Sering diingatkan, Anda dapat menghilangkan kebiasaan mengupil.

 

6. Tulis notes atau pengingat

Cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan kebiasaan mengupil. Kenapa? Karena jika Anda menulis notes di setiap tempat disudut rumah, Anda akan selalu melihat tulisan tersebut, Anda juga bisa menulis di samping sikat gigi untuk mengingatkan diri sendiri untuk membersihkan hidung setiap kali setelah menyikat gigi.

7. Harus bangga dengan diri sendiri

Mengubah kebiasaan buruk itu tidak mudah loh. Karena mengubah kebiasaan buruk harus berawal dari mindset atau otak dan niat. Jika Anda telah mengubah kebiasaan mengupil walaupun hanya 50 persen saja, hal tersebut dapat memotivasi diri sendiri untuk bisa 100 persen melepas kebiasaan tersebut.

1
2