Share

Kebutuhan Minum Air Setiap Orang Beda, Berapa Idealnya?

Firda Janati, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 05:49 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Reuters)

TUBUH kita 70 persen terdiri dari air, dan kita akan kehilangan cairan secara terus menerus seiring dengan keluarnya keringat dan pada saat kita buang air kecil. Oleh karena itu, jika kita kekurangan air maka tubuh kita tidak akan bekerja dengan sempurna.

Berbagai pendapat mengatakan, salah satu cara untuk kembali mengisi cairan yang hilang adalah minum air yang cukup. Berbagai penelitian mencatat bahwa 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air adalah minimal konsumsi air putih.

Namun, kebutuhan air pada setiap individu berbeda tergantung pada berbagai faktor seperti kesehatan, usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, lingkungan, dan tempat tinggal. Dilansir dari Newhealthadvisor, kebutuhan asupan air pada orang dewasa, anak-anak, dan ibu hamil berbeda.

Baca Juga: Biasa Tampil Tomboy, Atlet Voli Aprilia Manganang Terlihat Cantik Pakai Rok

Orang dewasa

Menurut rekomendasi dari Institute of Medicine (IOM), individu yang berusia 19 tahun atau lebih harus memiliki asupan cairan keseluruhan sekitar 3,7 liter per-hari pada pria dan sekitar 2,7 liter per-hari pada wanita. Selain asupan air, Anda juga harus mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air.

Anak-anak

Rekomendasi asupan air pada anak-anak bervariasi menurut umur. Anak-anak usia 4-8 tahun harus minum sekitar 40 ons atau setara 5 cangkir air setiap hari. Usia 9-13 tahun harus minum sekitar 56 hingga 64 ons air per-hari atau setara 7-8 cangkir. Usia 14-18 tahun, asupan air yang disarankan per hari adalah 8-11 cangkir.

Wanita hamil atau menyusui

Penting bagi wanita hamil untuk selalu mengonsumsi air putih. Wanita hamil memiliki asupan lebih banyak daripada yang lain. Sekitar 80 ons per harinya. Wanita menyusui harus mengonsumsi 13 gelas air putih setiap harinya.

Terlepas dari asupan air yang disarankan. Ada beberapa situasi di mana Anda harus lebih banyak mengonsumsi air putih, yaitu ketika iklim panas, sedang melakukan olahraga, menderita diare, muntah, atau demam.

Jika Anda sering melakukan olahraga, Anda harus minum asupan air tambahan sekitar 1 hingga 2 gelas setiap harinya. Jumlah asupan air dikondisikan sesuai dengan waktu sesi olahraga Anda. Selain olahraga kondisi cuaca panas juga memengaruhi asupan air. Anda juga harus minum lebih banyak air ketika berada di 8.250 meter dari permukaan laut.

Ketika Anda menderita muntah, diare tau demam. Anda lebih banyak kehilangan cairan tubuh daripada biasanya. Oleh karena itu, ketika Anda sedang diare, muntah-muntah atau demam banyak dokter menyarankan untuk mengonsumsi elektrolit.

1
2