Share

5 Tips Mudah Cegah Iritasi Popok pada Bayi, Moms Mesti Tahu Nih!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 06:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Babycenter)

MASALAH kulit yang sering dialami bayi adalah keluhan iritasi atau kemerahan. Terutama di sekitar selangkangan karena gesekan popok.

Para ibu muda pasti pernah merasakan dan langsung cemas ketika si kecil iritasi karena popok. Kalau dibiarkan berulang, bisa memicu radang kulit. Secara kesehatan, bayi tidak sehat dan tidak nyaman. Dia bahkan bisa rewel dan pola tidur terganggu.

Spesialis Kulit dan Kelamin dr Nanny Shoraya, SpKK, FINS-DV memberi tips mencegah iritasi akibat penggunaan popok bayi. Simak ulasannya berikut ini, dirangkum Okezone, Rabu 5 September 2018.

1. Sering ganti popok setiap 3-4 jam

dr Nanny mengatakan, area popok harus selalu kering. Maka setiap 3-4 jam sekali, popoknya harus diganti.

"Jangan ganti popok tapi tunggu pipisnya sampai banyak. Kulit bayi jadi sensitif, maka sebaiknya diganti saja," ujarnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2018).

2. Usai mencuci area vital, keringkan dengan handuk bersi

Setelah buang air besar atau air kecil, bersihkan dengan sabun dan bilas dengan air bersih. Lalu, keringkan area vital si kecil agar tidak memicu iritasi. Pakailah handuk kering atau cotton ball.

3. Usap kulit bayi dengan perlahan-lahan

Usai membilas dengan air, pakai handuk bersih untuk mengeringkan. Usaplah perlahan-lahan supaya kulitnya tidak mengalami gesekan. Ingat ya Moms, kulit bayi itu sangat sensitif dan mudah iritasi lho.

ganti popok bayi

4. Oleskan pelembap yang aman

Ada banyak produk pelembap yang mengandung hipoalergenik. Saat mengganti popok bayi, oleskan sedikit supaya kelembapan dan kelembutan kulitnya tetap terjaga. Pastikan gunakan satu merek yang cocok dan jangan ganti dengan produk lain, karena terpengaruh orang lain atau iklan.

5. Jangan olesi minyak

Beberapa minyak esensial yang dianggap baik seperti minyak kelapa atau minyak zaitun tidak boleh digunakan untuk si kecil. Paling aman adalah pakailah pelembap yang mengandung hipoalergenik.

"Jangan sembarangan mengoles minyak, karena mudah iritasi. Fungsinya akan berbeda jika minyak dioleskan ke kulit bayi yang sensitif," tutup dr Nanny.

(hel)