Share

5 Makanan Anti-mabuk saat Pergi Naik Pesawat

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 03 September 2018 21:54 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi di Bandara (Foto: Thecheatsheet)

JIKA Anda pernah berpergian jauh, melintasi beberapa zona waktu dan turun dari pesawat dengan perasaan lelah, hal tersebut sangatlah normal. Semakin banyak zona waktu yang Anda lewati, maka semakin parah gejala yang dirasa. Hal itu biasa disebut dengan jet lag.

Dilansir dari Bustle, Senin (3/9/2018), sebuah penelitian ang diterbitkan dalam Current Biology menemukan bahwa mengubah jadwal makan adalah cara tercepat untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang Anda lewati.

Dengan berpuasa sebelum Anda terbang dan menunda waktu makan Anda ketika tiba di tujuan, benar-benar dapat membantu tubuh menyesuaikan diri dengan zona waktu lebih cepat. Penelitian menunjukkan bahwa saat Anda makan, pilihlah makanan-makanan berikut untuk memudahkan Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru.

Baca Juga :

Makan sayur-sayuran


Selain kelelahan, gangguan gastrointestial adalah salah satu gejala seseorang mengalami jet lag. Dr. Frank Lipman, pendiri dan direktur Eleven Wellness Centre di New York City, merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan nabati sebelum Anda melakukan perjalanan. Serta pilih juga protein dan lemak yang sehat. 

"Ini dapat membantu menangkis masalah pencernaan terkait jet lag, sedangkan makanan rendah serat, makanan yang mengandung karbohidrat cenderung menekan sistem pencernaan, terlebih ketika Anda melewati beberapa zona waktu." paparnya.

Ngemil kacang


Perjalanan memang terkadang menimbulkan tekanan, yang artinya Anda mungkin tergoda untuk memuaskan rasa lapar di salah satu restoran cepat saji saat tiba di bandara, namun jangan lakukan itu! Dr. David Greuner, ahli bedah kardiovaskular dengan NYC Surgical Associates mengatakan bahwa lebih baik memilih karbohidrat rendah. "Saya biasanya akan membawa bekal biji-bijian, sayuran, dan protein untuk mengganjal perut." ujarnya.

Air jeruk


Meminum air jeruk sebelum dan saat di penerbangan tidak hanya dapat membuat Anda terhidrasi. Ini juga membantu pencernaan Anda agar tetap sehat dan tidak mabuk udara. Bawalah lemon atau jeruk sebelum pergi ke bandara, lalu beli sebotol air kemudian campurkan lemon tersebut ke air minum.

BACA JUGA:

 5 Penampilan Sederhana Namun Menawan Rikako Ikee, Atlet Terbaik Asian Games 2018

Buah ceri


Studi terbaru menemukan bahwa buah ceri mungkin adalah makanan yang paling sempurna, dan buah ini memiliki banyak sekali sifat-sifat untuk melawan jet lag. Dari membantu menuntaskan peradangan, menyehatkan usus, dan mengatur pola tidur.

(dno)