Share

7 Asupan Ini Akan Bantu Anda Lebih Berkonsentrasi, Gak Susah Dicari Kok

Fienca Amelia , Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 03:24 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMAKIN bertambahnya usia, maka umur otak Anda pun akan ikut menua. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kita bisa mengonsumsi makanan sehat dan suplemen dapat mempertajam fokus, meningkatkan ingatan, dan fungsi otak.

Lalu, apa saja sih makanan yang mampu meningkatkan daya ingat kita? Melansir dari Webmd, Okezone akan membagikan asupan yang dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi:

1. Kafein

Zat-zat seperti kafein, dapat memberi Anda energi dan membantu berkonsentrasi. Zat ini ditemukan dalam kopi, coklat, minuman berenergi, dan beberapa obat, kafein memberi efek menyegarkan ketika sedang mengantk, meskipun efeknya jangka pendek. Tetapi apabila Anda mengkonsumsi kafein berlebihan dapat membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

Baca Juga: Gendong Bayi, Bayangan Perempuan Ini Janggal Bikin Merinding

2. Gula

 

Gula adalah sumber bahan bakar pilihan otak Anda. Glukosa yang diproses oleh tubuh Anda berasal dari gula dan karbohidrat yang Anda makan. Segelas jus buah dapat memberikan dorongan jangka pendek pada ingatan, pemikiran, dan kemampuan mental, namun terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempengaruhi gula darah Anda dan dapat beresiko pada penyakit jantung dan hati.

3. Ikan

Sumber protein yang meningkatkan fungsi otak adalah ikan. Kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci untuk kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan luar biasa untuk otak seperti menurunkan demensia, risiko stroke dan meningkatkan memori, terutama saat kita bertambah tua. Untuk kesehatan otak dan jantung, makan dua porsi ikan setiap minggu.

Baca Juga: Intip Gaya Busana Nagita di Rumah, Piyamanya Lucu!

4. Kacang dan Coklat

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang baik dari antioksidan vitamin E, dalam beberapa penelitian mengatakan kalau biji-bijian untuk mengurangi penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Dark Chocolate juga memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, dan mengandung stimulan alami seperti kafein, yang dapat meningkatkan fokus.

5. Alpukat dan Biji-bijian

Setiap organ dalam tubuh tergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Diet tinggi biji-bijian dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Ini mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, cara yang sederhana dan lezat untuk mengaktifkan sel otak.

Biji-bijian utuh, seperti popcorn dan gandum utuh, juga menyumbangkan serat makanan dan vitamin E. Meskipun alpukat memiliki lemak, itu adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk membantu aliran darah yang sehat.

6. Blueberry

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Studi juga menunjukkan bahwa diet kaya blueberry meningkatkan fungsi otot penuaan tikus, membuat mereka secara mental sama dengan tikus yang jauh lebih muda.

7. Vitamin, Mineral, dan Suplemen?

 

Banyak suplemen diklaim dapat meningkatkan kesehatan. Meskipun banyak laporan tentang meningkatkan otak, suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium hanya suplemen untuk orang yang dietnya kurang dalam nutrisi tertentu.

Selain makan-makanan yang bergizi, para ahli juga menyarankan untuk tidur yang cukup, banyak minum air putih agar tetap terdehirasi, berolahraga dan bermeditasi untuk menjernihkan pikiran Anda.

1
2