Share

Kesulitan karena ASI-nya Tidak Lancar, Ini yang Dilakukan Rinni Wulandari

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 01 Agustus 2018 19:27 WIB
$detail['images_title']
Rinni Wulandari dan si buah hati (Foto: Instagram)

RINI Wulandari beberapa bulan lalu melahirkan putra pertamanya. Istri dari Jevin Julian yang dikenal sebagai penyanyi jebolan kompetisi menyanyi ini mengaku sempat kesulitan dalam menjalani perannya sebagai ibu, terlebih saat menyusui.

"Serunya pertama kali masih tidak menyangka Nord lahir. Lihat Nord saar lahir aku bercucuran air mata, begitu di rumah sepulang dari rumah sakit menurutku baru dimulai journeynya," ungkap Rini Wulandari, ibu Nord dan penyanyi Indonesia, ketika membagikan pengalamannya di acara Launching Digital Platform Anmum Mom To Mum, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Awalnya, menurut Rini dari informasi yang dia dapatkan, pengalaman yang paling berat dalam mengurus dan merawat bayi adalah pada tiga bulan pertama. Namun, setelah mengalaminya sendiri, kenyataannya berbeda, karena ternyata waktu paling berat mengurus dan merawat Nord dia rasakan saat 40 hari pertama.

 BACA JUGA:

4 Masalah Kulit Mirip Jerawat yang Harus Kamu Waspadai

"Tergantung baby, kalau aku melewatinya saat Nord 40 hari pertama, momen seperti itu istri butuh support dari suami. Kebetulan Jevin sangat supportif," imbuhnya.

Perempuan berambut pendek ini pun mengungkap kesulitannya ia rasakan ketika selesai persalinan, karena merasa susah bergerak. Bahkan, untuk mengangkat atau menggendong Nord dari boks bayi pun ia tidak mampu.

 

"Pernah dua minggu nggak tidur, Jevin yang bantu dan dukung aku. Saat Nord bangun, dia yang gantiin popok, aku nyusuin Nord dan Jevin menimang-nimang Nord setelahnya," ujar Rini.

Sementara itu, untuk tantangannya saat menyusui Nord Rini mengaku dirinya memang tidak pernah mengikuti kelas menyusui sebelumnya. Tidak hanya cukup sampai di situ, Rini pun sempat dilanda panik, karena Nord kesulitan untuk naik berat badannya.

"Saat Nord baru lahir 5 hari, berat Nord cuma naik 50 gram. Akhirnya cek dokter tenyata payudara aku keras banget dan harus di massage. Aku disarankan teman sebelum menyusui massage payudara dulu, lalu susuin bayi, setelah selesai massage lagi," papar Rini.

Sebelum memijat payudara, Rini sempat mencari cara lain, yaitu memakai breast pump. Namun, air susunya tidak kunjung keluar, padahal Rini telah mengganti berbagai merek breast pump, hingga stres, dan akhirnya ditenangkan oleh suami juga keluarga.

"Butuh adaptasi baru keluar air susunya. Belajar massage yang bener dan perah. Sekarang sudah menemukan cara, bener bener perah pake tangan. Nord pun bisa naik berat badan 3 hari 150 gram, dalam 3 bulan naik 1 kilogram," ungkapnya.

 BACA JUGA:

Lahir Hari Rabu Pon, Ini Ramalan Sifat Cucu Jokowi yang ke-2 Berdasarkan Penanggalan Jawa

Dengan rajin Rini selalu memperhatikan berat badan anaknya. Tiap hari Nord dicek berat badannya yang naik 30 gram.

"Usaha banget untuk sesuaiin Nord seperti standar gizi dan beratnya, kemarin merasa drop asi karena aku kecapekan, mulai kerja lagi, bulan puasa juga nggak ada yang bantu urus North. Selain nutrisi yang kita makan, kita juga harus happy, kalau nggak nanti asi nggak keluar," tandasnya.

(dno)