Share

Hiii... Dokter di China Keluarkan 3.000 Batu Ginjal dari Tubuh Pasien

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 09:09 WIB
$detail['images_title']
Batu Ginjal (Foto: NDTV)

MASALAH batu ginjal sebaiknya tidak dianggap sepele. Sebab, meski bentuknya kecil dan dapat dengan mudah keluar tanpa diketahui, batu ginjal akan terasa sangat menyakitkan. Apalagi, kalau batu-batu itu terkumpul hingga mencapai ribuan butir.

Kondisi tersebut dialami oleh seorang wanita paruh baya di China. Belum lama ini, ia pergi ke sebuah rumah sakit dengan keluhan berupa rasa sakit pada punggung serta demam. Setelah menjalani pemeriksaan, tim dokter menemukan ginjal sebelah kanan wanita itu dipenuhi oleh bebatuan kecil.

Perempuan yang diketahui bermarga Zhang itu datang dengan membawa keluhan berupa sakit punggung yang sudah dirasakan dalam beberapa pekan terakhir. Dokter di Rumah Sakit Wujin, Changzou, lantas menyatakan perempuan berusia 56 tahun itu harus menjalani tindakan operasi.

Melansir dari NDTV, Jumat (27/7/2018), dokter berhasil melakukan operasi bedah terhadap pasien tersebut untuk mencabut seluruh batu dari dalam ginjalnya. Total, tim dokter mengeluarkan 2.980 batu ginjal dari tubuh Zhang.

Seorang dokter koas bahkan butuh waktu hampir satu jam untuk menghitung batu ginjal yang hampir mencapai 3.000 butir itu. Zhang yang mengaku punya masalah dengan batu ginjal selama beberapa tahun terakhir, tidak percaya dengan ribuan batu yang baru saja dikeluarkan dari tubuhnya itu.

Meski jumlahnya sangat banyak, jumlah tersebut masih jauh dari rekor terbanyak batu ginjal yang dikeluarkan dari tubuh seseorang. Dalam catatan buku rekor dunia Guinness, batu ginjal paling banyak yang dikeluarkan dari tubuh pasien berjumlah 172.155 butir! Rekor tidak menyenangkan itu dipegang oleh pria bernama Dhanraj Wadile dari Maharashtra, India.

Lalu apa penyebab batu ginjal? Mr Vivek Wadhwa, konsultan ahli urologi di Rumah Sakit Spire Parkway, mengatakan, ada beberapa alasan seseorang lebih rentan terhadap batu ginjal. Mengutip dari laman BT, salah satu penyebab utama adalah tidak minum cukup air.

Simpelnya, cairan membantu menyiram ginjal dan menjaga kinerjanya tetap sehat. Akan tetapi, gaya hidup serta tekanan pekerjaan, terkadang membuat orang lupa untuk minum cairan sehingga mengalami dehidrasi.

(ren)