Share

Penuhi Asupan Otak dan Mental dengan 5 Makanan Ini, Jangan Sampai Jadi Lemot!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 06:09 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OTAK adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh kita. Organ inilah yang mengatur tubuh kita untuk melakukan berbagai hal sesuai fungsinya.

Namun otak memerlukan bahan bakar agar dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Sebab jika bahan bakarnya kurang, maka fokus Anda mudah hilang, lesu, hingga kehilangan rasa bahagia.

Lalu apa saja bahan bakar yang perlu diberikan untuk otak? Dilansir dari Lifehack, Selasa (24/7/2018), inilah yang dibutuhkan otak sekaligus dapat menguatkan mental Anda:

Baca Juga: Pria Ini Nekat Lamar Kekasih di Hadapan 80 Ribu Penonton Bola dan Presiden Jokowi, Simak Videonya!


Image result for otak shutterstock, okezone

Omega-3

Otak terdiri dari 60 persen lemak yang membuatnya bekerja optimal. Lemak berkualitas tinggi tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga penting untuk kekuatan otak.

Salah satu lemak berkualitas tinggi adalah Omega-3 yang memiliki nutrisi penting seperti DHA untuk membentuk lapisan luar sel-sel otak. Omega-3 bisa Anda dapatkan pada kacang kenari, biji chia, sarden, salmon, biji rami, telur, dan minyak ikan.

Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting untuk aktivitas otak dan dapat menenangkan otak serta sistem saraf. Magnesium penting untuk mengatur metabolisme dalam tubuh serta memberikan manfaat anti-inflamasi, menurunkan hormon stres, mengatasi depresi, hingga mengurangi kecemasan. Kandungan magnesium bisa Anda dapatkan pada makanan seperti almond, bayam, kacang mete, alpukat, dan kacang hitam.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Suplemen Minyak Ikan Tidak Membawa Manfaat untuk Jantung, Ini Penjelasannya!

Vitamin B1: Tiamin

Vitamin B1 yang dikenal dengan tiamin diperlukan untuk memproses metabolisme tubuh termasuk mengelola energi. Tiamin memiliki manfaat meningkatkan suasana hati dan tingkat kewaspadaan dengan menyediakan energi yang dibutuhkan sel-sel otak.

Jika kekurangan tiamin, Anda akan mudah lelah, bingung, mudah marah, dan mengalami kerusakan saraf. Tiamin bisa didapatkan pada rumput laut, biji bunga matahari, kacang macadamia, dan kacang hitam.

Vitamin B12

Pada otak, Vitamin B12 diperlukan untuk aspek kinerja mental termasuk menghafal dan menjaga fokus. B12 juga memproduksi serotonin dan dopamin yang mampu memotivasi.

Jika kekurangan vitamin ini, Anda dapat mengalami depresi, gelisah, halusinasi dan skizofrenia, hingga hilang ingatan. Untuk mendapatkan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi hati sapi, sarden, salmon, dan telur.

Image result for otak shutterstock, okezone

Zinc

Zinc sangat penting untuk pertumbuhan dan kinerja neuron terutama di hippocampus, area otak yang mengatur emosi. Neuron membutuhkan zinc untuk berkomunikasi secara efektif.

Jika kekurangan zinc, Anda akan mudah kehilangan fokus, sistem kekebalan tubuh menurun, berjerawat, hingga diare. Zink bisa Anda dapatkan pada biji labu, daging sapi, kacang mete, jamur, dan bayam.

1
2