Share

Sering Minum Susu Bisa Bikin Perokok Berhenti Jadi 'Ahli Hisap'

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 10:00 WIB
$detail['images_title']
Minum susu membantu berhenti merokok (Foto:Ist)

PARA perokok kerap mengeluhkan sulit untuk berhenti merokok. Tingkat adiksi yang tinggi pada rokok memang membuat para 'ahli hisap' susah menjauhi rokok.

Tahukah Anda? Mengubah pola konsumsi ternyata bisa membantu Anda berhenti merokok. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi susu langsung atau olahannya.

Bagi yang ingin berhenti merokok, Anda bisa mencobanya. Sebuah studi yang dilakukan Duke University, Amerika Serikat menyatakan, bahwa konsumsi susu bisa membuat perokok terasa tidak nikmat menghisap sebatang campuran tembakau dan nikotin.

Psikolog Duke University Joseph McClernon menyebutkan, minuman susu dan produk makanan berbahan susu bisa membuat Anda enggan merokok.

5 Kafe di Dunia Ini Juga Berpelayan Seksi, Awas Mata Tidak Berkedip!

"Pendapat yang umum menyatakan kecanduan rokok semuanya ialah akibat nikotin. Tapi kami menemukan bahwa kecanduan juga mengenai masalah efek sensorik seperi rasa dan aroma, serta pengalaman dan rutinitas orang. Efek rasa amat bermain dalam hal ini," ujarnya, dilansir WebMD.

 

Anda harus juga menjauhi minuman kopi atau alkohol yang justru membuat Anda makin merasa nikmat merokok. Sebabnya, kopi dan alkohol bisa menimbulkan efek nikmat dan perasaan nyaman jika dibarengi dengan merokok.

McClernon menambahkan, banyak perokok bercerita kepadanya bahwa minuman tertentu, seperti kopi dan minuman beralkohol membuat merokok jadi lebih enak.

 Intip Gaya Sporty Manajer Timnas Indonesia Yuliana Tasno saat Berolahraga, Bikin Pingin Gerah Bareng!

Dalam riset yang dilakukannya, sebanyak 209 perokok ditanyai mengenai pengalaman merokok, dan mendaftar makanan serta minuman sehari-hari yang dikonsumsi. Setelah dilakukan eksperimen, ternyata hampir 50% perokok yang rutin mengonsumsi susu, makanan berbahan susu, sayuran, dan buah-buahan menyatakan rokok yang mereka hisap terasa tidak enak.

Karena studi itu baik, perokok yang ingin berhenti jadi 'ahli hisap' disarankan untuk minum susu. Di samping itu, perbanyak makan buah dan sayuran agar Anda terbebas dari paparan radikal bebas akibat merokok.

(ndr)