Share

Ingin Tidur Kamu Berkualitas di Harpitnas? Lakukan Hal Ini!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 13:04 WIB
$detail['images_title']
Tidur (daily Meal)

MEMILIKI waktu tidur yang berkualitas amat penting bagi kesehatan. Lamanya durasi tidur belum tentu diimbangi dengan kualitas apalagi di hari Kejepit nasional ini. Menurut survei Dewan Tidur Inggris Raya dalam laporan terbarunya, sebanyak 30% masyarakat Negeri Ratu Elizabeth tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berbagai faktor dapat memengaruhi kualitas tidur Anda selain waktu istirahat yang sempit. Stress, rasa khawatir, gangguan pasangan, bunyi-bunyian, atau bahkan tempat tidur yang kurang nyaman dapat menjadi penghalang mendapatkan waktu istirahat yang ideal.

 Baca juga: Terik Sinar Matahari Ternyata Sebabkan Kanker Kulit! Ini Faktanya

Penulis buku tentang kesehatan dan ahli nutrisi Inggris, Jessica Sepel, berbagi sedikit tips mengenai kegiatan rutin yang dilakukannya jelang tidur agar mendapatkan kualitas yang baik. Berikut tipsnya, dilansir dari Independent, Selasa (29/5/2018):

 Tidur (Mypkworld)

1. Tinggalkan seluruh pekerjaan di kantor

Bagi Jessica, meninggalkan semua pekerjaan di kantor sangat krusial. Sebab, membawa pekerjaan ke rumah sama dengan memindahkan level stres dan tekanan di kantor ke tempat tinggal. Hal tersebut meningkatkan kortisol dan adrenalin yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Pekerjaan di kantor hampir menyita waktu dan fokus yang cukup banyak sehingga tidak perlu dibawa pulang ke rumah. Namun, kadang-kadang e-mail soal kerjaan juga sering datang ke kotak masuk di malam hari. Jessica menyarankan agar tidak lagi membuka e-mail terkait pekerjaan di atas pukul 20.00 setiap malam.

Baca juga: Mitos dan Fakta di Balik Megahnya Candi Borobudur, Percaya atau Tidak?

2. Konsumsi makan malam yang sehat

Makan sehat tidak perlu rumit, yang penting mendapatkan keseimbangan makronutrien yang tepat sebelum tidur. Langkah tersebut cukup ampuh membantu tubuh Anda rileks.

Jessica Sepel merekomendasikan agar Anda memastikan makan malam mengandung protein, lemak yang sehat, dan serat. Penting juga untuk menikmati makan malam dengan cara menyantapnya dengan perlahan dan penuh perhatian.


3. Kurangi waktu menatap layar

Layar gawai tidak bisa dipungkiri hampir menyita sebagian besar waktu manusia dalam 24 jam sehari. Namun, cahaya kebiruan yang dipancarkan dari smartphone, tablet, dan komputer, dapat mengurangi kemampuan tidur. Maka, Sepel menyarankan agar tidak lagi menatap layar gawai di atas pukul 20.00.

 Tidur (Huffingtonpost)

Baca juga: Potret Meghan Markle dari Tahun ke Tahun, Tebak Apa yang Berubah?

4. Lakukan kegiatan relaksasi

Menjaga agar tubuh tetap rileks sebelum tidur sangat penting. Tidak hanya tubuh saja, tetapi juga pikiran untuk tetap rileks. Anda bisa mandi, menyalakan lilin, meminum teh herbal, atau bahkan membaca sebelum tidur untuk membantu tubuh serta pikiran tetap rileks.


5. Menyiapkan posisi tidur terbaik

Sepel menyarankan untuk mengadopsi gerakan yoga yang dikenal sebagai viparita karani atau kaki diangkat ke tembok sembari tiduran selama 10 menit sebelum tidur. Tidak hanya membantu sirkulasi darah, tetapi posisi tersebut dapat membantu sistem saraf parasimpatis untuk beristirahat dan mencerna keadaan. Ketika tubuh memasuki suasana hati yang lebih tenang, akan jauh lebih mudah untuk tidur nyenyak di malam hari.

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)