Share

Waspada Cuaca Terik, 5 Tips Ini Bisa Hindari Anda dari Heatstroke

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 17:08 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Cuaca Panas. (Foto: Reuters)

MUSIM pancaroba yang terjadi belakangan memang cukup menggangu. Hujan yang tiba-tiba bisa membuat Anda demam. Tapi jangan remehkan cuaca panas dan sinar matahari yang terik. Kondisi sinar matahari yang terang, akan membuat dehidrasi dan membuat kondisi badan mudah mengalami heatstroke.

Saat heatstroke menyerang, rasanya tubuh jadi lemas, mudah haus, dan mengalami kekurangan lainnya yang membuatmu lebih lelah. Heatstroke atau serangan panas ini terjadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Karenanya, para pekerja di luar ruangan memang sangat rentan mengalami heatstroke. Suhu panas dari matahari inilah yang mengganggu sistem kekebalan tubuhmu.

Baca Juga: Hati-Hati, 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Keguguran saat Hamil Muda

Image result for heat, reuters

(Foto: Reuters)

Kalau tubuhmu kekurangan cairan dan asupan garam menipis, kamu juga akan lemas. Karenanya, dampak heatstroke ini sebenarnya dapat dicegah.

Adapun tanda-tandanya yang paling utama ketika mengalami heatstroke yakni dikombinasikan dengan dehidrasi. Di samping rasa haus melanda berlebihan, kamu rasanya bisa mengalami kejang, linglung, rasa mual, sakit kepala, jantung berdebar-debar, hingga pingsan karena tubuhmu lemah.

Jika sering terjadi dan diabaikan dampaknya, kamu juga bisa mengalami komplikasi. Yang paling sering yakni gangguan sistem saraf yang rentan terjadi. Biasanya orang tua atau lansia yang sering mengalami kejadian ini. Atau kamu yang terus-menerus berada di luar ruangan.

Baca Juga: Kisah Istri yang Suruh Suami Cari Wanita Lain Demi Miliki Anak


Image result for heat, reuters

(Foto: Reuters)

Supaya tidak terancam dengan kejadian ini, kamu bisa melakukan 5 langkah berikut ini. Dilansir Thehealthsite, Selasa (8/5/2017), berikut adalah ulasannya lebih lanjut.

1. Konsultasikan dengan dokter supaya kamu tidak mengalami heatstroke. Kalau terdiagnosa, coba minta solusi yang sesuai. Pastikan kamu bisa mendapatkan cara untuk mengatasi dengan tepat.

2. Konsumsi 8 gelas air sehari. Dimulai 2 gelas saat bangun tidur, dilanjutkan 4 gelas di siang hingga sore hari. Kemudian di malam hari sebelum tidur, kamu bisa minum 2 gelas lalgi.

3. Kamu bisa mendinginkan badan dengan kantung es saat siang hari. Kamu bisa mengoleskan balok es atau mandi dengan air dingin. Cara ini cocok dilakukan oleh orang yang selesai beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya


Image result for drink water, reuters

(Foto: Reuters)

4. Cukupi kebutuhan garam dalam tubuhmu dalam sehari. Asupan natrium juga jangan diabaikan karena cocok untuk meningkatkan energimu.

5. Perbanyak pula asupan vitamin C. Hal ini cocok dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Jika menghadapi sinar matahari yang terik, seseorang jadi gampang lemas dan menderita penyakit infeksi tanpa disadari.

1
2