Share

Punya Tubuh Gendut? Awas, Menjadi Obesitas Berisiko Terkena 7 Jenis Kanker Ini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 12:46 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: foodndtv)

MUNGKIN sebagian besar orang sudah menyadari bahwa menjadi gendut bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Nah, di Hari Gendut Sedunia 13 April 2018, Anda perlu tahu jika kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena 7 jenis kanker.

Setelah mengetahui fakta bila kelebihan berat badan, kegemukan dan obesitas berisiko terkena sejumlah kanker, mungkin Anda tergerak untuk menjaga berat badan. Berikut jenis-jenis kanker yang berisiko tinggi menyerang orang kegemukan atau kelebihan berat badan seperti dilansir dari laman Boldsky, Jumat (13/4/2018):

Kanker hati

Obesitas juga dapat menjadi salah satu penyebab kanker hati. Karena, ketika terjadi perlemakkan hati, maka dapat menyebabkan sirosis.

Kanker kandung kemih

Sebuah studi menunjukkan, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko mengembangkan batu empedu. Ketika ada beberapa batu empedu di kandung empedu, maka akan meningkatkan risiko mengembangkan kanker kandung kemih.

Baca Juga: Hari Gendut Sedunia, Ini 4 Fakta Obesitas yang Bikin Kamu Ingin Cepat Kurus!

Kanker pankreas

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kanker pankreas. Karena, kelebihan lemak dalam tubuh dapat membuat ketidakseimbangan dalam produksi insulin di pankreas, sehingga mengarah ke kanker.

Kanker ovarium

Salah satu efek samping dari kelebihan berat badan adalah produksi estrogen berlebih dalam tubuh. Ketika estrogen tinggi, maka dapat menyebabkan kanker ovarium.

Kanker tiroid

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan kanker tiroid. Akumulasi lemak yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan hormon tiroid rusak, sehingga mengakibatkan kanker tiroid.

Baca Juga: Fakta Baru Mengenai Para Pembantu Bugil yang Kontroversial di Dunia

Kanker payudara

Terakhir, kelebihan jaringan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan multiplikasi sel abnormal pada payudara. Kondisi ini dapat menyebabkan kanker payudara.

Kanker perut

Orang kelebihan berat badan lebih rentan terhadap kankr perut. Karena, kelebihan lemak dapat menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan, akhirnya menyebabkan kanker perut.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.