Share

Waspada, Virus Herpes Menyerang dan Gejalanya Mirip dengan Penyakit Flu

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 14:20 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi flu (Foto: Fivestaruc)

PENYAKIT herpes merupakan infeksi yang terjadi pada kulit. Kebanyakan orang menganggap bahwa ini terjadi karena hubungan seksual. Namun herpes sebenarnya disebabkan oleh virus yang bernama herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dan virus herpes simpleks tipe-2 (HSV-2).

Penyakit ini memang sulit untuk dikenali, apalagi herpes genital karena tidak memiliki gejala. tetapi biasanya hal pertama yang terjadi adalah adanya bintik-bintik merah atau gumpalan merah berisi air dan terasa gatal pada kulit. Herpes dapat ditularkan dari satu kulit ke kulit lainnya.

Herpes tidak dapat disembukan secara total namun dapat dikurangi dengan bantuan obat antivirus atau terapi. Namun ada hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir adanya herpes dengan mengenali gejala awalnya. Seperti melansir dari Womenshealth Rabu (7/3/2018).

Adanya benjolan kecil

Jika ada benjolan kecil berbentuk jerawat dan berair di bagian pantat, paha dan alat kelamin kemungkinan Anda terkena herpes genital. Sebaiknya segera periksakan ke dokter kondisi tersebut.

 Kesemutan

Tidak hanya tumbuhnya benjolan kecil, merasa kesemutan dibagian alat kelamin, paha dan pantat adalah salah satu gejala herpes yang harus diwaspadai oleh semua orang terutama wanita. Jangan biarkan hal tersebut menganggu Anda, jadi berhati-hatilah jika ada gejala tersebut.

Iritasi atau gatal di bagian tubuh anda

Kebanyakan wanita mengalami hal ini karena seringnya memakai celana ketat ketika berolahraga atau memakai celana yoga dan membiarkannya karena berpikir itu adalah efek biasa yang terjadi. Namun kenyataannya hal tersebut juga dapat menjadi gejala dari herpes genital.

Gejala mirip flu

Sekitar 70 persen wanita merasa seperti terserang flu, sakit kepala, sakit nyeri otot, demam hingga terjadinya pembengkakan kelenjar. Hal ini dapat menjadi tanda saat virus herpes terjadi pertama kali. Untuk itu ada baiknya diperiksa jika mengalami gejala tersebut.

Nyeri pada panggul

Jika Anda sering mengalami nyeri dibagian panggul selama berhubungan seksual, kemungkinan Anda mengalami peradangan pada serviks. Ini merupakan gejala herpes. Untuk itu hal ini harus segera diobati.

Sakit ketika buang air kecil

Ketika Anda merasakan sakit atau terbakar ketika buang air kecil, bisa jadi Anda terkena herpes. Maka dari itu baiknya segera periksa ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat.

(dno)