Share

8 Tips Mengurangi Konsumsi Karbohidrat untuk Cegah Diabetes

Widya Marchellin, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 01:15 WIB
$detail['images_title']
Tips mengurangi asupan karbohidrat (Foto:Ist)

 

MENGURANGI asupan karbohidrat dapat menimbulkan manfaat yang besar bagi kesehatan Anda. Terutama bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengurangi asupan karbohidrat dapat mencegah penyakit diabetes.

Melansir Healthline, Senin (19/2/2018), berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi asupan karbohidrat:

BACA JUGA:

Jangan Takut Jatuh Cinta, Ini 4 Manfaat Kesehatan Bisa Anda Dapatkan

Hindari makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis sangat buruk bagi kesehatan, karena sangat tinggi kadar gulanya yang dapat meningkatkan risiko resisten insulin, diabetes tipe 2 dan obesitas ketika dikonsumsi berlebihan.

 

Gunakan pemanis khusus

Menggunakan gula rendah kalori adalah salah satu cara untuk menurunkan asupan karbohidrat tanpa harus mengorbankan rasa manis.

 

Sebelum membeli bacalah label makanan

Membaca label makanan dapat memberi informasi berharga tentang kandungan karbohidrat dari makanan kemasan.

 

Ganti tepung terigu dengan tepung rendah karbohirat

Tepung terigu tinggi akan karbohidrat yang terdapat dalam kebanyakan makanan yang dipanggang termasuk roti, muffin, dan biscuit. Solusinya Anda dapat menggunakan almond dan tepung kelapa sebagai pengganti tepung terigu dalam makanan.

Makan makanan sehat yang tinggi protein

Mengkonsumsi protein sehat di setiap makanan dapat membantu Anda merasa kenyang, melawan keinginan lapar dan meningkatkan metabolisme anda.

BACA JUGA:

5 Fakta Unik Payudara yang Belum Tentu Semua Wanita Tahu

Berhenti minum jus buah

Buah memang banyak mengandung vitamin dan mineral tapi lebih banyak terdapat karbohidrat dan gula di dalamnya. Sebagai gantinya, coba tambahkan sepotong lemon atau jeruk ke dalam botol minum Anda.

Pilih susu rendah karbohidrat

Produk susu memang lezat dan sehat, tapi ini tidak baik untuk mereka yang diet karena sarat dengan gula dan tinggi karbohidrat. Masih ada produk susu yang rendah karbohidrat seperti Yoghurt yunani, keju (brie, mozzarella, cheddar,ricotta dan cottage).

Siapkan makanan dengan lemak sehat

Lemak sehat dapat ditemukan pada virgin oil dan minyak zaitun extra-virgin yang dapat digunakan untuk memasak makanan. Mempersiapkan makanan rendah karbohidrat dengan lemak sehat dapat meningkatkan rasa kenyang.

1
2