Share

Ikuti Cara Jaga Kebugaran Tubuh dari Gaya Hidup Para Petenis Dunia

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 18:40 WIB
$detail['images_title']
Arina Rodionova (Foto: Dailymail)

MENJADI seorang atlet, kesehatan tubuh adalah hal paling utama yang harus dijaga. Terlalu banyak berlatih tanpa konsumsi makanan yang tepat tidak akan membuat kesempurnaan pada hasil, namun justru memperburuk kesehatan.

Marc Sophoulis, seorang pelatih tenis Australia yang bekerja dengan atlet profesional membagikan cara atlet dalam mengatur keseimbangan antara latihan, istirahat, dan berlatih. Marc yang telah melatih petenis terkenal dunia, seperti Arina Rodionova dan Anastasia Rodionova mengatakan bahwa melakukan perubahan kecil demi kesehatan tubuh dapat dilakukan seperti keseharian para atlet.

Memang, menjadi seroang atlet tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan usaha demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari gaya hidup atlet adalah sebagai berikut seperti dilansir Daily Mail, Selasa (16/1/18).

Keseimbangan

Menurut Marc, keseimbangan merupakan bagian penting bagi dalam kehidupan, namun bagi pemain tenis pro hal ini adalah penting untuk memastikan mereka sukses mencetak skor. Pelatih menyarankan bahwa menggunakan buku harian atau melakukan perencanaan untuk menemukan waktu agar sesuai dengan segala sesuatu adalah hal paling penting. Memiliki rencana yang teratur dan rutin dapat membantu otak dalam memproses apa yang perlu dilakukan dan bagaimana cara untuk melakukannya.

 (Baca Juga: 8 Keuntungan kalau Anda Rajin Berenang, Salah Satunya Otak Lebih Cerdas)

Diet

Makanan adalah bahan bakar yang diperlukan atlet guna mengganti cairan tubuh yang hilang seusai latihan atau bertanding.

“Karena mereka bekerja keras, lima kelompok makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti suplemen untuk mengisi kesenjangan nutrisi dan buah segar yang mudah menyerap energi selama latihan.” tutur Marc.

Diet seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayur yang penuh warna bisa menjadi pilihan untuk mendapat kesehatan yang optimal.

Istirahat dan pemulihan

Selain konsumsi sehat, tidur juga sangat penting dan disarankan 8-10 jam setiap malam.

“Tanpa istirahat dan pemulihan, kemampuan untuk melakukan pertandingan tidak akan mungkin karena sulit untuk mempertahankan kekuatan dalam bertanding.” jelas Marc.

Meditasi seperti yoga juga bisa dilakukan di rumah demi membantu membersihkan pikiran dan peregangan selama 15 menit setiap hari.

 (Baca Juga: Daftar Artis yang Juga Terkena Gangguan Bipolar seperti Dolores O'Riordan)

Latihan fisik

Marc berkata, beberapa cara agar para atlet bertahan dengan kebugaran mereka dan memastikan seluruh tubuh mereka berada dalam kondisi prima untuk pertandingan, seperti latihan jarak jauh, gerakan kerangkasan jarak pendek, latihan beban, yoga, dan pilates. Latihan fisik sangat perlu dilakukan oleh para atlet agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Follow Berita Okezone di Google News

(tam)