Share

Tekan Laju Penderita AIDS yang Meningkat, Calon Pengantin di Purbalingga Bakal Diperiksa

Sucipto Cipto, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 18:50 WIB
$detail['images_title']

CALON pengantin di Purbalingga yang akan menikah dalam waktu dekat ini dipastikan bakal diperiksa untuk mendeteksi virus AIDS. Hal itu dilakukan karena jumlah penderita AIDS di Purbalingga cenderung meningkat di tahun 2017 ini.

Kepala Pemberantasan AIDS Daerah (KPAD) Purbalingga, Heni Ruslanto mengatakan jumlah penderita AIDS di Kabupaten Purbalingga mengalami peningkatan. Jumlah penderita baru terbanyak ada di Kecamatan Rembang, Purbalingga.

"Jumlah kumulatif terbanyak masih di Kecamatan kota. Namun Kecamatan Rembang jumlah penderita barunya terbanyak. Ini memprihatinkan. Sosialisasi harus terus dilakukan agar langkah preventif bisa berjalan efektif,” ujar Heni, Rabu (29/11/2017) siang.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan bahwa calon pengantin harus mendapat perhatian demi menekan penyebaran AIDS.

"Yang akan menikah di Purbalingga bukan hanya diberi sosialisasi tapi juga diperiksa kesehatannya, termasuk memeriksa apakah terjangkit AIDS atau tidak," kata Tiwi ketika melakukan monitoring sosialisasi AIDS di Puskesmas Kutasari.

Kepala UPTD Puskesmas Kutasari Dhiah Farida, SKM., M.Kes mengatakan calon pengantin yang melakukan pemeriksaan kesehatan juga diperiksa sebagai deteksi dini AIDS.

“Kami bekerja sama dengan KUA agar calon pengantin direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu. Beberapa waktu lalu kami menemukan calon pengantin positif AIDS dan kami beri penyuluhan utnuk melakukan pengobatan,” kata Dhiah.

Terkait peningkatan jumlah penderita AIDS di Purbalingga, Tiwi menargetkan melakukan pemeriksaan ke 200 orang minggu ini.

"Silakan bagaimanapun caranya. Entah itu dengan jemput bola atau orang yang datang ke Puskesmas. Kecamatan kota ini jumlah penderita AIDS-nya memprihatinkan,” kata Tiwi.

Follow Berita Okezone di Google News

(ade)