Share

Warna Kotoran Telinga Bisa Tunjukkan Kesehatan Telinga Anda, Coba Dicek

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Senin 27 November 2017 05:00 WIB
$detail['images_title']
Warna kotoran telinga tunjukkan kesehatan telinga (Foto:Ist)


SETIAP telinga manusia menghasilkan earwax, yaitu unsur yang bertekstur pekat, seringkali disebut dengan kotoran telinga. Earwax berfungsi untuk melembapkan saluran telinga, mencegah infeksi, dan melindungi gendang telinga.

Karena sifatnya yang lengket, membuat benda-benda asing seperti polutan dan bakteri dapat terperangkap saat masuk ke telinga, sehingga tidak mengganggu kerja telinga.

Saat membersihkan telinga, warna earwax yang menempel pada pembersih telinga ternyata dapat mengindikasikan kesehatan telinga kamu. Dilansir dari boldsky, Senin (27/11/2017), beberapa warna kotoran telinga dapat memberi sinyal sebagai berikut.

BACA JUGA:

Pria Ini Rela Lari Ribuan Kilometer, Alasannya Bikin Terenyuh

1. Berwarna abu-abu

Jika kotoran telinga kamu berwarna abu-abu tanpa gejala lain, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Abu-abu pada kotoran telinga biasanya disebabkan oleh debu dan polusi udara.

2. Berwarna cokelat

Jika earwax berwarna cokelat dan gelap, menunjukkan bahwa daya tahan tubuh sedang rendah. Biasanya dikarenakan stres. Luangkanlah waktu untuk bersantai agar tubuh dapat normal kembali.

3. Berwarna hitam

Jika terjadi sekali dan tanpa gejala lain maka tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika diselingi dengan tanda gatal, maka kamu harus memeriksanya ke dokter sebab warna hitam pada kotoran telinga menandakan adanya infeksi jamur.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Berwarna putih

Earwax berwarna putih menandakan kekurangan vitamin dan kandungan besi di dalam tubuh. Sebaiknya kamu mengonsumsi kacang, buah-buahan, oatmeal, dan lain-lain agar terhindar dari warna putih pada earwax.

5. Ada bercak darah

BACA JUGA:

Hati-Hati Ladies, Lipstikmu Bisa Mengandung Logam yang Berbahaya

Jika kamu melihat ada jejak darah saat membersihkan telinga, maka itu berarti bahwa gendang telinga kamu pecah. Telinga bisa jadi terkena infeksi dan dapat menyebabkan otitis. Jika dibiarkan, maka kondisi telinga kamu akan semakin memburuk. Dalam kasus ini, sebaiknya kamu harus menemui dokter.

6. Disertai bau yang menyengat

Jika bau tak sedap yang tercium kuat berasal dari earwax kamu, maka itu bisa menandakan adanya infeksi di telinga tengah, biasanya dikaitkan dengan chroning otitis media. Terlepas dari baunya, kamu mungkin juga mendengar suara bising dan mendengung. Sebaiknya jangan diabaikan dan periksa ke dokter.

1
2