Share

Ingat Bunda, Sebelum Beraktivitas Pastikan Seluruh Anggota Keluarga Sudah Sarapan!

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017 15:40 WIB
$detail['images_title']
Sarapan (Foto: Cravebits)

BUNDA, ajak seluruh anggota keluarga di rumah untuk memulai hari dengan sarapan. Sempatkan waktu sejenak untuk melahap menu sehat di pagi hari supaya bisa tingkatkan energi dan konsentrasi belajarnya.

Sebelum pergi beraktivitas, baik bekerja atau sekolah, Anda harus menyempatkan sarapan. Kebiasaan ini penting dilakukan agar mendapatkan sumber tenaga yang baik.

BACA JUGA:

Prestasi Miss Indonesia di Ajang Miss World Selama 5 Tahun Terakhir

 Ladies, Jangan Lupa Ganti Celana Dalam Usai Berhubungan Seks!

"Sarapan penting untuk memulai hari setelah tidur dan istirahat di malam hari. Sarapan bisa jadi sumber tenaga, bagi otak, sel darah dan saraf," terang Ahli Gizi Sari Sunda Bulan saat Press Conference Foods For Healthy Heros dalam Peringatan International Chefs Day 2017 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

Untuk memilih menu sarapan, jelas pilihlah makanan sehat. Dalam piring makan, harus ada karbohidrat, protein dan serat. Jangan lupakan ketiga sumber nutrisi itu agar membantu meningkatkan konsentrasi belajar anak.

Apalagi saat pagi hari jangan anti makan sumber karbohidrat. Sumber nutrisi ini sangat penting untuk memberikan nutrisi pada otak agar bisa konsentrasi beraktivitas.

"Pagi hari, manusia butuh sumber karbohidrat. Jadi bisa pilih makan nasi dengan ukuran sekepalan tangan, sereal dengan susu atau setangkap roti atau sandwich dengan isian telur, sayuran, salami juga bisa," imbuhnya

Selain itu makanan karbohidrat penting dikonsumsi sebagai bahan bakar sebelum beraktivitas. Karena itu, sumber karbohidrat jangan diabaikan asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Banyak sekali sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi dan tidak mengganggu kadar insulin dalam tubuh. Anda bisa memiliki menu simple di pagi hari, seperti sereal, roti gandum, nasi merah, dan beberapa jenis lainnya.

Pada kesempatan itu, Sari juga membeberkan manfaat konsumsi sumber protein di pagi hari. Nutrisi ini sangat bisa mengenyangkan perut yang lebih tahan lama. Anda tak usah khawatir cepat lapar, bila menyertakan menu sumber protein di pagi hari.

"Gampangnya makan sumber protein di pagi hari ya telur, tempe dan tahu, atau daging ikan yang ditumis," katanya.

BACA JUGA:

Daftar Raja-Raja di Dunia yang Doyan Berpoligami, Jumlah Selirnya Bikin Melotot!

Sudah Usia 40 Tahun Olga Lydia Tetap Cantik dan Awet Muda, Ini Rahasianya!

Jangan lupa pula sertakan serat dalam menu sarapan Anda. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan dan juga membuat Anda kenyang tahan lama.

Biasakan agar anak makan buah di pagi hari sebagai penetralisir sumber lemak berlebihan. Tanpa alasan apapun, sebelum keluar rumah pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga di rumah sudah sarapan dan siap beraktivitas.

(dno)