Share

Tetap Intim di Fase Menopause, Simak 5 Tipsnya Berikut Ini!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 22:34 WIB
$detail['images_title']
Menopause (Foto: Boredpanda)

ADA anggapan bahwa perempuan yang sudah mengalami menopause hasrat seksualnya menurun sehingga hubungan seks tidak menikmat seperti sebelumnya. Akan tetapi, sebenarnya hal itu bukanlah suatu penghalang. Kehidupan seksual perempuan pascamenopause tetap bisa memuaskan. Malah banyak wanita yang mengaku hubungan seks mereka semakin bertambah nikmat seiring bertambahnya usia.

Rata-rata mengatakan dirinya menjadi lebih percaya diri saat melakukan hubungan seks. Mereka menjadi lebih bebas untuk memberi tahu pasangan apa saja yang diinginkan di tempat tidur. Hal itu tentu membuat dampak hubungan seks menjadi lebih mendalam.

Melansir dari Daily News, Selasa (16/10/2017), berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menikmati hubungan seks di usia menopause;

Berfantasi

Gairah berhubungan seks bisa ditingkatkan melalui imajinasi aktif. Anda bisa menggunakan otak untuk memikirkan fantasi tentang hubungan seksual yang ingin Anda rasakan. Selain itu, menguji batas seksual Anda bisa memenuhi hasrat yang terpendam.

Senam kegel

Latihan ini terbukti bisa meningkatkan kualitas hubungan seks Anda dengan pasangan. Walaupun sudah mengalami menopause, Anda tetap harus melakukan senam kegel untuk memperkuat otot dasar panggul. Tak hanya itu, senam kegel juga bisa mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks dan meningkatkan orgasme.

Rajin berolahraga

Selain melakukan senam kegel, Anda harus selalu menjaga kebugaran tubuh. Salah satu caranya adalah rutin melakukan olahraga. Tubuh yang tetap kencang dan terlihat baik bisa membuat pasangan menjadi lebih tertarik pada Anda.

Menghabiskan waktu berdua

Di saat usia Anda sudah memasuki masa menopause, tentu anak-anak sudah bertumbuh dewasa. Mereka bisa dilepas untuk menjaga dirinya sendiri. Cobalah ajak pasangan untuk menghabiskan waktu ke suatu tempat hanya berdua saja. Hal itu akan membuat Anda merasa lebih bebas sehingga lebih spontan dan terbuka untuk melakukan hubungan seks. Anda lebih leluasa mencoba berbagai posisi dengan pasangan.

Sediakan pelumas

Saat menopause terjadi, vagina akan menjadi lebih kering. Untuk mengatasi hal ini gunakan pelumas agar hubungan seks menjadi lebih seru dan menyenangkan. Banyak pasangan yang bereksperimen dengan pelumas untuk melakukan foreplay atau posisi dan teknik baru.

(dno)