Share

SEXUAL HEALTH: 5 Hal yang Bikin Anda Gagal Ereksi, Coba Cek Pemicunya!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 00:40 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Organicshop)

DISFUNGSI ereksi juga dikenal sebagai impotensi, yakni ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Pria sering mengalaminya, sehingga dapat mengganggu performa seksualitasnya.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa obat-obatan dan produk modern zaman sekarang menurunkan tingkat testosteron pria. Akibatnya, mereka mengalami disfungsi ereksi atau impotensi, ejakulasi dini, dan masalah seksual lainnya.

Sementara itu, testosteron adalah hormon yang hanya dimiliki pria. Fungsinya bertanggung jawab untuk merangsang produksi sperma, mengendalikan dorongan seks, membangun otot dan massa tulang.

Saat kadar testosteron dalam tubuh menjadi rendah juga bisa menyebabkan botak dan penambahan berat badan. Ada banyak sebab yang membuat hormon terse menjadi rendah produksinya.

Dilansir Dailystar, Selasa (17/10/2017), berikut adalah lima hal yang paling sering membuat kadar testosteron dalam tubuh produksinya menurun. Simak ulasannya berikut ini yang juga dapat dihindari.

Obat antidepresan

Antidepresan bisa mengatasi gangguan kesehatan mental pada seseorang. Tapi kalau obat ini diminum terus bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seksual. Karena obat antidepresan bisa mengubah tingkat pembawa pesan kimia sistem saraf kita, seperti serotonin dan dopamin. Hal ini dapat menyebabkan peredaman sensitivitas organ seksual dan bisa berakibat pada hilangnya ereksi. Pria yang mengonsumsi obat antidepresan terlalu sering dapat mengalami disfungsi ereksi, kehilangan gairah seksual, sampai sulit ejakulasi.

Mendengkur

Sebuah studi di Jerman menunjukkan, kebiasaan mendengkur dan disfungsi ereksi sangat erat kaitannya. Ilmuwan menemukan bahwa pria yang mendengkur setiap hari lebih mudah alami gangguan kesehatan seksual. Peneliti mengungkapkan, saat mendengkur jalan napas terbuka dan memastikan aliran darah yang cukup ke Mr P jadi terhambat. Semakin pria sering mendengkur akan sulit mempertahankan ereksi.

Bersepeda

Bersepeda adalah bentuk olahrag kardio yang ampuh membakar kalori dan memperkuat jantung Anda. Namun, dampak buruknya yakni dapat berisiko membuat Mr P sulit ereksi. Karena ketika pria bersepeda, akan berpengaruh ke anus dan testikel. Begitu juga dengan bagian perineum bertindak sebagai saluran untuk saraf dan dan bisa menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan disfungsi ereksi.

Merokok

Kebiasaan merokok juga dapat memicu gangguan ereksi. Anda harus benar-benar berhenti merokok supaya tidak mengalaminya. Rokok merupakan benda yang mengandung nikotin berbahaya bagi tubuh. Dampak lain tak hanya mengganggu gairah seks, tetapi juga menyebabkan penyakit lainnya yang mematikan. Seperti adanya ancaman penyakit jantung, stroke, kanker, gangguan ginjal, paru dan sebagainya.

Konsumsi makanan berlemak

Anda yang terlalu sering konsumsi makanan tinggi lemak jenuh juga dapat menderita disfungsi ereksi. Janganlah sering makan junk food, aneka jenis gorengan, minuman manis, dan lainnya. Anda juga sangat rentan mengalami obesitas yang kaitannya juga berpengaruh terhadap kinerja seksual.

(hel)