Share

Bahaya! Sering Tidak Sarapan Berisiko Besar Idap Penyakit Jantung

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 08:51 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Healthxchange)

SEMPATKAN waktu untuk sarapan pagi sebelum beraktivitas. Jika Anda sering melewatkan, dampaknya bisa menderita penyakit mematikan di kemudian hari.

Sarapan sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan kita. Sejak nenek moyang dulu, sudah dikenalkan kebiasaan sarapan yang begitu penting.

(Baca Juga: Ini Penjelasannya Mengapa Mimpi Sulit Diingat ketika Bangun)

Sebelum bekerja atau sekolah, sudah seharusnya Anda konsumsi sepiring menu makanan sehat atau lengkap gizinya. Dalam piring makan, harus ada warna-warni sayuran, buah, hingga sumber protein dan karbohidrat.

Sayangnya, banyak dari kita mungkin tidak dapat menjalani diet sehat dan tepat waktu. Beberapa alasan yang dilontarkan, seperti gaya hidup yang sibuk.

(Baca Juga: Tak Mau Blender di Rumah Cepat Rusak? Hindari Memasukkan 5 Hal Ini)

Anda mungkin kerap melewatkan sarapan atau bahkan tidak terbiasa sama sekali. Dalam beberapa kasus lainnya, tidak melakukan sarapan karena ingin menurunkan berat badan. Itu salah besar!

Sebuah studi penelitian baru-baru ini menemukan, seseorang yang melewatkan sarapan sebenarnya dapat menderita penyakit mematikan di kemudian hari. Seperti apa penjelasannya?

(Baca Juga: Arab Saudi Usir Pria Ini karena Terlalu Tampan)

Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk sarapan atau sengaja melakukannya, dampaknya bisa lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Sayangnya, banyak orang mengabaikan karena sarapan dianggap tidak penting.

Fakta bahwa melewatkan sarapan bisa membuat Anda merasa lelah, juga memperlambat metabolisme. Sarapan merupakan sumber energi baik untuk mendukung aktivitas Anda.

Sekelompok peneliti dari Tufts University menunjukkan, orang-orang yang melewatkan sarapan secara teratur, berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Studi tersebut mengungkapkan, ketika seseorang melewatkan sarapan pagi, tubuh akan melepaskan enzim tertentu, sehingga menghasilkan lebih banyak energi tanpa makanan. Enzim tersebut dapat menyebabkan penyempitan arteri.

Selain itu, enzim tersebut dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri yang menyempit. Sehingga menciptakan bekuan darah, pada akhirnya dapat menyebabkan stroke atau bahkan serangan jantung.

Karena dampaknya fatal, sebaiknya jangan lewatkan sarapan. Kalau tidak sempat, buatlah menu sarapan yang instan, seperti oatmeal, roti gandum, buah, salad sayur, omelette, dan beberpa jenis menu sarapan lainnya yang menyehatkan.

Tapi ingat ya, jangan memilih menu sarapan nasi, karena sumber karbohidrat yang berlebihan dapat menyebabkan dampak lain pula. Demikian dilansir Boldsky, Senin (11/10/2017).

(hel)