Share

Kabar Gembira! Akhirnya Akan Ada Vaksin Ebola untuk Pencegahan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 11:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Wired)

INGATKAH Anda dengan virus ebola yang sempat mewabah di Benua Afrika beberapa waktu lalu? Kabar gembiranya, virus tersebut dapat dicegah dengan vaksin ebola yang telah diuji aman saat disuntikkan ke manusia.

Outbreak ebola sangat meresahkan penduduk dunia, termasuk Indonesia. Karena itu, para peneliti segera mengadakan uji coba vaksin untuk mencegah penyebabnya penyakit.

Berdasarkan uji klinis, vaksin ebola dapat menurunkan jumlah outbreak yang dapat terjadi di satu wilayah. Manfaatnya sangat luar biasa, yakni dapat mencegah kematian populasi penduduk akibat virus tersebut.

Wabah ebola sempat terjadi di bagian Afrika Barat beberapa waktu lalu. Belum ada vaksin yang dapat mencegah serangan penyakit tersebut, karena masih dalam tahap uji coba oleh para peneliti dunia.

Pada 2016, telah terjadi outbreak ebola dengan jumlah 28.600 kasus, kemudian 11.300 di antaranya meninggal dunia. Karena tingginya jumlah outbreak, peneliti mengembangkan vaksin ebola demi melakukan preventif.

Peneliti melibatkan anak-anak dan dewasa, termasuk contohnya penduduk India dalam uji cobanya. Vaksin ini memproduksi sistem kekebalan tubuh secara alami. Diyakini pula, vaksin ebola mampu menurunkan tingkat kematian yang sangat mengkhawatirkan.

"Outbreak ebola menimbulkan banyak dampak, termasuk dari sektor ekonomi, industri, krisis kesehatan yang sulit diprediksi. Dengan adanya vaksin mencegah pertambahan jumlah kasus yang fatal," ujar Sanjeev Krishna dari St George's University of London.

Tentu pemberian vaksin ebola dosisnya telah disesuaikan oleh tim medis. Pada anak-anak dan orang dewasa, dapat diberikan vaksin sesuai kebutuhan dosisnya.

Vaksin ini mengandung bagian gen yang tidak menular dari virus Zaire Ebola. Selain itu, dosis vaksin yang lebih rendah harus dipertimbangkan saat meningkatkan antibodi seseorang yang sudah diserang oleh virus glikoprotein ebola. Sebuah temuan yang telah muncul setelah vaksin tersebut diuji di negara yang telah mengalami wabah virus ebola di masa lalu.

Oleh Badan Kesehatan Dunia, vaksin tersebut merupakan satu dari dua yang diperiksa sebagai pilihan yang aman disuntikkan ke manusia. Diklaim, vaksin ini ampuh mengatasi wabah ebola seperti yang terjadi di Afrika Barat.

Setelah vaksin ebola diperintahkan mulai didistribusikan oleh WHO, dijamin akan disebar ke seluruh negara. Termasuk Indonesia, salah satu negara yang rentan dengan penyebaran virus mematikan ini. Demikian dilansir Boldsky, Selasa (10/10/2017).

(hel)