Share

Sering Kebelet Pipis saat Dilanda Gugup? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 06:54 WIB
$detail['images_title']
Kebelet Pipis (Foto: Healthdietbase)

APAKAH Anda sering kebelet buang air kecil ketika sedang gugup? Jika ya, Anda bukanlah satu-satunya orang di dunia ini yang memiliki kebiasaan seperti itu. Dengan kata lain, Anda tidak sendiri.

Melansir dari Life Science, Senin (2/10/2017), adalah hal yang wajar dan umum merasakan seperti kepingin buang air kecil saat merasa tegang. Seorang professor urologi dari University of California, San Francisco pun berkata demikian.

“Sudah umum merasakan kebutuhan untuk buang air kecil ketika Anda sedang merasa tegang,” ucap Dr. Tom Chi.

Lebih lanjut, Dr. Tom Chi yang juga kerap dipanggil Chi tersebut juga mengatakan jangan ragu untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh tubuh Anda dan pergilah ke kamar mandi, maka Anda akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

“Janganlah ragu, lakukan saja apa yang tubuh Anda katakan dan pergilah ke kamar mandi, Anda akan merasa lebih baik,” ucapnya.

Ketika Anda cemas atau gugup, tubuh Anda akan masuk ke dalam mode yang diistilahkan dengan mode fight of flight. Dalam mode ini, respon tegang dan adrenalin dapat merangsang kebutuhan untuk meringankan diri. Mode tersebut dapat meningkatkan produksi urin pada ginjal.

Ketegangan yang akhirnya dapat memerintahkan tubuh untuk buang air kecil kerap kali tidak sepenuhnya dipahami oleh manusia. Padahal, hal tersebut dapat terjadi karena ketika di bawah tekanan, sistem saraf pusat diaktifkan untuk beroperasi pada tingkat sensitifitas yang lebih tinggi, yang berarti dibutuhkan lebih sedikit untuk mengaktifkan refleks.

Sedangkan, pendapat lainnya yang dikatakan Chi, yaitu saat Anda gugup, maka secara otomatis otot pun menjadi tegang dan salah satu otot yang menegang itu ialah kandung kemih, bila itu terjadi maka itulah yang membuat Anda ingin buang air kecil.

Jika Anda gugup dan merasa perlu ke toilet untuk buang air kecil, tapi Anda tidak memiliki akses mudah ke kamar mandi, Chi menyarankan untuk meditasi atau sederhanya menenangkan pikiran dan otot Anda.

Kandung kemih yang sehat bisa menampung hingga sebanyak 16 ons berat cairan dari urin. Setelah penuh kandung kemih akan mengirimkan sinyal pada tubuh melalui tulang belakang ke otak untuk segera ke kamar kecil.

(ren)