Share

Sering Menabrak Benda, Tanda Anak Anda Perlu Pakai Kacamata Loh Moms!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 11:18 WIB
$detail['images_title']
Anak Kenakan Kacamata (Foto: Visionsource)

PERNAH melihat anak kecil yang sudah menggunakan kacamata plus? Kondisi ini sepertinya sudah bukan hal luar biasa. Kebiasaan menggunakan gadget sejak kecil menjadi salah satu pemicu masalah ini. Tapi, apakah penggunaan kacamata sebagai alat bantu penglihatan anak-anak itu diperlukan di usianya yang masih belia?

Sebelum Anda memakaikan kacamata untuk si kecil, ada baiknya memperhatikan beberapa hal ini. Dilansir dari Vision Source, Jumat (22/9/2017), ada 4 hal yang menyebabkan gangguan penglihatan si anak. Tingkatan kerusakan ini yang menjadi keputusan, apakah anak Anda wajib memakai kacamata atau tidak!

1. Sering Menginjak atau Menabrak Benda

Anak-anak dengan gangguan penglihatan biasanya merasakan kikuk. Jika anak Anda berlari ke sudut dan menabrak tanpa ada penolakan sebelumnya, itu mungkin pertanda bahwa mereka tidak melihat sebaik yang seharusnya. Kalau sudah begitu, pengecekan lebih lanjut harus dilakukan.

2. Sering Sakit Kepala atau Memicingkan mata

Apakah anak Anda sering menyipitkan mata atau sering mengeluh sakit kepala? Apakah dia sering menggosok matanya atau sering memegangi kepalanya seperti sakit kepala, atau merasa mual yang tidak dapat dijelaskan? Jika anak Anda mengalami gejala ini, dapat dipastikan bahwa anak Anda memiliki masalah penglihatan.

3. Duduk Terlalu Dekat dengan TV atau Komputer

Kebanyakan anak kadang duduk terlalu dekat dengan TV atau komputer. Tapi jika Anda menganggapnya sebagai kebiasaan, jangan diyakini lagi. Larang dan biasakan si kecil untuk melihat objek penglihatannya dengan jarak aman. Nah, kalau saat diberi jarak aman si kecil mengeluh tidak jelas melihat, maka dapat diasumsikan anak Anda memiliki masalah penglihatan.

Tidak bisa Membaca dengan Jelas

Jika anak Anda mengalami masa sulit mengikuti saat Anda membaca bersama, ini mungkin merupakan indikasi bahwa saatnya Anda membawa si kecil untuk mengunjungi dokter mata.

Jadi, penentuan apakah anak kecil harus pakai kacamata atau tidak itu sesuai dengan diagnosis dokter mata. Tapi, sebagai langkah pertama, Anda bisa mengenali dulu masalah-masalah di atas. Perlu diingat juga kalau anak kecil itu masih belum begitu banyak menggunakan mata sebagai kegunaan utamanya. Misalnya seperti membaca di sekolah. Jadi, keputusan yang tepat memang harus ke dokter mata!

1
5