Share

IDUL ADHA 2017: Makan Torpedo Kambing Bangkitkan Vitalitas Pria, Mitos atau Fakta? Simak Penjelasan Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 19:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Acesedu)

HAL berbau “vitalitas” sepertinya menjadi sesuatu yang banyak dicari pria. Mulai dari makanan, minuman, buah, sampai terapi khusus dijajal. Tujuannya satu, biar merasa “laki-laki sejati”.

Di masyarakat Indonesia, anggapan mengonsumsi torpedo kambing bisa meningkatkan vitalitas pria masih dipegang kuat. Makanya, ketika Idul Adha, ada beberapa pihak yang minta bagian tersebut. pengolahannya bebas, yang penting bisa dikonsumsi dan malamnya “jreng” bareng pasangan.

(Baca Juga: IDUL ADHA 2017: Tak Hanya Dapat Pahala, Puasa Arafah Bantu Bakar Lemak hingga Cegah Kegemukan)

Tapi, bagaimana ilmu medis menilai anggapan tersebut? Fakta atau sekadar mitos belaka? Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM dr. Ari Fahrial Syam, SpPD menjelaskan, anggapan tersebut hanya mitos yang akhirnya dipercaya masyarakat.

(Baca Juga: IDUL ADHA 2017: Biar Tubuh Fit saat Jalani Puasa Arafah, Ingat dan Lakukan Tips Ini!)

Bicara mengenai vitalitas, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya menyoal apa yang dimakan, tetapi juga bicara mengenai bagaimana gaya hidup Anda keseluruhan. Tapi, bagaimana jika ada anggapan bahwa benar, setelah mengonsumsi torpedo kambing, vitalitas pria benar-benar meningkat? Dr. Ari menjelaskan, harus ada pengecekan lanjutan.

’’Bisa saja, semangat untuk mengonsumsi torpedo itu yang akhirnya menaikan libido pada pria. Bukan karena torpedonya sendiri,’’ terangnya pada Okezone melalui pesan singkat, Rabu 30 Agustus 2017.

(Baca Juga: IDUL ADHA 2017: Ingin Berkurban? Yuk Kenali Dulu Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat Sebelum Membeli)

Dia melanjutkan, menilai torpedo mampu meningkatkan libido mungkin bisa dilihat dari kandungan bagian itu. Ternyata, di dalam torpedo kambing terkandung banyak testosteron yang fungsinya sebagai pembangkit libido. Namun, sekali lagi, belum ada penelitian yang jelas mengenai hipotesis konsumsi torpedo bisa meningkatkan libido.

(Baca Juga: Tak Perlu Mouthwash, Kumur-Kumur Rebusan Air Kayu Manis Usir Bau Mulut Secara Alami)

Yang jelas, asumsi tersebut jangan ditelan mentah-mentah. Semangat untuk mau mengonsumsi torpedo itu yang harus diapresiasi. Adanya respon otak meningkatkan gairah seksual pria harus diuji lebih lanjut. Kemudian, asumsi mengenai pria jomblo jangan makan daging kambing berlebih karena nanti bingung menyalurkan hasratnya kemana, pun harus dihapuskan.

Selain mengonsumsi torpedo kambing, ternyata ada hal lain yang dipercaya bisa membangkitkan vitalitas pada pria. Adalah mengonsumsi daging kambing setengah matang. Anggapan ini pun perlu pengujian lebih lanjut. Kembali, peningkatan gairah pria adalah multifaktor, sehingga tidak bisa hanya dilihat dari satu sisi.

(hel)