Share

AWAS! Kebiasaan Mengupil Bikin Hidung Tersumbat hingga Sinusitis

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 06:12 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Boldsky)

TUBUH manusia bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan parasit penyebab penyakit. Karena itu, Anda harus menjaga kebersihan diri sendiri supaya terhindar dari penyakit.

Termasuk dalam merawat kulit dan beberapa bagian tubuh lainnya. Kebersihan pribadi sangatlah penting diperhatikan karena membantu membuat tubuh terasa nyaman dan sehat.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Anda harus tampil rapi bebas bau mulut, bau badan, hingga menjaga kesehatan kulit. Ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya tubuh tetap sehat sepaniang waktu.

Ketahui rutinitas menjaga kebersihan pribadi dalam kehidupan sehari-hari supaya Anda tetap nyaman. Berikut ulasan lebih lanjut, dilansir Boldsky, Rabu (30/8/2017).

Menutup mulut saat batuk dan bersin

Anda harus tahu etika benar ketika batuk dan bersin. Dua hal ini dapat menularkan virus, sehingga Anda wajib menutup mulut. Jangan biarkan orang lain terganggu dengan perbuatan Anda yang salah. Biasakan untuk menutup mulut saat batuk dan bersin setiap saat.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Hindari menggigit kuku jari

Kebiasaan menggigit kuku cenderung merusak strukturnya, serta dapat mengelupas dan pecah. Jika kuku panjang, Anda bisa menggunakan gunting kuku yang aman. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menularkan kuman dari kotoran kuku yang harus dihindari.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

Jangan sering mengorek bagian dalam hidung

Mengorek bagian dalam hidung atau mengupil pasti dilakukan oleh banyak orang. Tahukah Anda, jari-jari mengandung kuman yang dapat menyebabkan infeksi saat menyentuh bagian dalam hidung. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan hidung tersumbat, sampai menyebabkan sinusitis.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

Mandi dengan sabun gel

Kulit kita penuh dengan bakteri dan harus melindunginya dari infeksi dan membuatnya tetap terhidrasi secara alami. Menggunakan shower gel setiap hari bisa mematikan bakteri yang berkembang biak. Gunakan sabun yang aman untuk mencegah eksim.

Menggunakan terlalu banyak pasta gigi

Terlalu banyak pasta gigi pada sikat bisa membuat gigi rusak karena sulit dibersihkan dengan benar. Jumlah pasta gigi yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah seukuran kacang polong. Sementara pada anak-anak bisa menggunakan pasta gigi seukuran beberapa butiran nasi.

(hel)