Share

Wanita Hamil Selalu Mengidam, Kenapa Sih Alasannya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 16:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Hif)

HAMPIR dari kita semua tahu, ibu hamil sering mengalami momen ngidam yang unik. Ketika ngidam, biasanya ibu hamil mempunyai keinginan-keinginan yang menurut mereka harus diwujudkan.

Terkadang, fenomena ngidam juga membuat orang heran melihatnya, apalagi kalau ngidamnya sangat tak wajar. Paling sering, para suami yang merasa kebingungan untuk mewujudkan keinginan ngidam istri yang tidak wajar.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Meski sudah sering sekali terjadi, masih banyak orang tidak banyak tahu alasan mengapa wanita hamil selalu ngidam. Para ahli di sini akan menjelaskan lebih lanjut tentang fenomena ini.

Spesialis Obstetri Dan Ginekologi Dr dr Damar Prasmusinto SpOG(K) mengatakan, salah satu tanda kehamilan yakni mual, muntah dan ngidam. Hal ini karena kemungkinan besar pola makannya menjadi terganggu saat mengalami hal ini.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Tidak cuma itu, fenomena ngidam juga diduga berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi saat hamil. Karena itu, ibu hamil yang mengidam menjadi sangat wajar.

"Kita tidak tahu pasti apa alasan wanita hamil mengidam, jawabannya tidak pasti. Tapi mengidam ini diduga karena ada perubahan hormon saat hamil," ujar dr Damar di sela Talkshow Festival Ngidam Bunda bersama SGM di Suasana Restoran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2017).

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Lebih lanjut, kaitannya ibu hamil yang mengidam juga dipengaruhi oleh peptida opioid endogen. Hal ini kaitannya dengan morfin yang berada di sistem saraf. Dalam keadaan hamil maupun tidak, morfin endogen dimiliki oleh setiap manusia. Pada laki-laki dan perempuan pasti punya rasa ngidam.

Tetapi saat hamil, terjadi peningkatan morfin endogen yang tersebar di sistem saraf. Karena itu, ibu hamil lebih terlihat mengidam dibandingkan mereka yang tidak hamil.

"Kadar opioid endogen selama kehamilan bisa sangat meningkat dan bahkan lebih intens. Misalnya ibu hamil mulai trimester pertama, kedua dan ketiga ngidam terus-menerus," terangnya.

Beda kebiasaan ngidam ibu hamil Indonesia dan Eropa

Ngidam sendiri ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Diketahui, ibu-ibu hamil di negara-negara Eropa juga mengalami fenomena ini, tapi berbeda dengan yang terjadi di Indonesia.

Pada penduduk Eropa, mereka cenderung mengidam makanan dan minuman serba manis. Sedangkan, kalau wanita di Indonesia cenderung suka mengidam makanan asam. Karena sering mengidam, wanita hamil cenderung melewatkan makan dengan nutrisi seimbang.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Padahal hal ini tidak diperbolehkan karena berbahaya bagi dirinya. Yang harus diingat, semasa kehamilan wanita tetap menjaga kebutuhan nutrisinya dengan baik.

"Banyak nutrisi yang terabaikan saat mengidam. Biasanya ibu-ibu ini maunya aneh-aneh. Makanan yang diidamkan rata-rata tidak bernutrisi baik," pungkasnya.

(hel)