Share

7 Risiko Konsumsi Bubuk Kayu Manis Berlebihan, Ibu Hamil Bisa Kontraksi!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 07:14 WIB
$detail['images_title']
Bubuk kayu manis (Foto: Boldsky)

KAYU manis sangat aman dikonsumsi karena bisa menjaga kesehatan tubuh. Tapi bila Anda terlalu banyak mengonsumsinya bisa menimbulkan bahaya mulai alergi hingga gangguan kulit.

Kayu manis biasanya dicampurkan sebagai bumbu makanan atau topping cake. Bubuk kayu manis yang murni bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

(Baca Juga: Rajin Makan Sayuran Hijau Efektif Cegah Anemia Lho)

Ekstrak rempah ini dapat menyembuhkan flu, menghilangkan masalah kulit, hingga menyembuhkan batuk. Anda juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kayu manis mengandung tinggi antioksidan.

Tapi ada beberapa orang tidak bisa mengonsumsi kayu manis karena masalah kesehatan. Berikut ulasannya lebih lanjut, dikutip Boldsky, Selasa (8/8/2017).

Alergi

Beberapa orang ada yang mengalami alergi terhadap kayu manis. Bila Anda mengonsumsinya dapat menimbulkan gejala berupa pilek, mata berair seperti sakit mata, kulit bengkak dan mual. Bagi yang mengalami penyakit ini hindari konsumsi alergi. Sebab bila alergi pasti Amda terasa tersiksa.

(Baca Juga: Rajin Berolahraga Bikin Awet Muda Loh)

Penipisan darah

Cassia cinnamon ternyata memiliki sifat pengencer darah, sedangkan kayu manis Ceylon tidak. Zat ini mengandung anti-agen untuk mengurangi fungsi pembentukan darah. Bagi Anda seorang yang menderita penyakit jantung harus menghindari konsumsi penipisan darah karena berbahaya bagi kesehatan.

Risiko kehamilan

Kayu manis tidak cocok dikonsumsi untuk wanita hamil. Alasannya, kayu manis dapat menyebabkan nyeri persalinan atau kontraksi rahim. Kayu manis dikenal membantu mengurangi sakit perut dan gas akibat gangguan pencernaan.

(Baca Juga: Ibu Hamil Mulai Tak Nafsu Makan? Hati-Hati Terkena Anemia!)

Gula darah

Konsumsi kayu manis Ceylon terlalu banyak dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah Anda. Hal ini menyebabkan kepala pusing dan mengantuk. Pastikan Anda tidak menambahkan lebih dari 2-3 tetes minyak kayu manis Ceylon ke dalam segelas teh atau kopi Anda bila ingin mengurangi risiko penurunan gula darah.

(Baca Juga: 5 Efek Samping Makan Alpukat yang Tidak Anda Sadari)

Gangguan kulit

Jangan banyak konsumsi kayu manis karena tak baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kayu manis mengandung stimulan yang menimbulkan rasa terbakar. Apalagi kalau menggunakan kayu manis di area vital. Hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan organ intim Anda.

Konflik antibiotik

Kayu manis bertindak seperti antibiotik dalam banyak hal. Jadi jika Anda mengonsumsi tablet antibiotik bisa menimbulkan risiko resistensi. Maka jangan terlalu sering makan bubuk kayu manis yang dicampurkan ke dalam makanan untuk menghindari masalah tersebut.

(hel)